DANGUSKAMLA KOARMADA I LAKSANAKAN PATROLI UDARA DI SELAT SINGAPURA DAN TANJUNG BERAKIT

DANGUSKAMLA KOARMADA I LAKSANAKAN PATROLI UDARA DI SELAT SINGAPURA DAN TANJUNG BERAKIT

Mengawali Tahun Baru 2020, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I Laksmana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., melaksanakan pengawasan keamanan laut menggunakan Patroli Maritim Cassa P-8203 guna mengendalikan sejumlah KRI yang melaksanakan patroli terbatas di Selat Singapura dan Tanjung Berakit, Senin (6/1/2020).

Danguskamla Koarmada I menyampaikan bahwa patroli maritim tersebut bertujuan untuk mengendalikan seluruh unsur KRI yang berada dibawah kendali Guskamla Koarmada I yang sedang melaksanakan patroli terbatas disejumlah sektor rawan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan atau pemanfaatan masa liburan oleh para pelaku illegal dalam melakukan kegiatan-kegiatan illegal maupun kekerasan di laut.

    “Dengan memanfaatkan sarana System Pengamatan/Surveillance System Puskodal Guskamla I yang terkoneksi dengan Pos Radar IMSS secara intensif terus melaksanakan pengamatan terhadap sejumlah kontak permukaan,” ujar Danguskamla Koarmada I.

Dalam patroli maritim tersebut, Danguskamla Koarmada I menggerakkan Pesud Patmar Cassa P-8203 yang dipimpin Kapten Laut (P) Indra Putra untuk melaksanakan Air Joining Procedure (AJP) dengan KRI Surik-645, serta uji komunikasi dengan Puskodal Guskamla I secara integratif. Hal tersebut selain untuk menguji kesiapan alat komunikasi antara KRI, Pesud Patmar dan Puskodal Guskamla I, namun yang terpenting adalah guna memperoleh data real time hasil pengamatan udara untuk ditindaklanjuti oleh KRI.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA