PAMEN SESKOAL RAIH JUARA I LOMBA MENULIS ESAI HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2020

PAMEN SESKOAL RAIH JUARA I LOMBA MENULIS ESAI HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2020

Seskoal, 15 Januari 2020, -- Perwira Menengah (Pamen) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Letkol Laut (P) Tonny Sumarno, S.E., berhasil meraih juara I Lomba Esai yang diikuti oleh anggota TNI AL dan masyarakat umum dalam rangka Hari Dharma Samudera Tahun 2020.

Penyerahan hadiah lomba berupa tropi, piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan diberikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji bertempat di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/01).

Letkol Laut (P) Tonny Sumarno, S.E., yang kesehariannya di Seskoal menjabat sebagai Dosen Sub Bidang Studi Kepemimpinan berhasil menggugurkan 88 eksemplar tulisan esai dari peserta lomba lainnya yang berasal dari seluruh Kotama TNI AL dan Masyarakat Umum. Letkol Laut (P) Tonny Sumarno, S.E., menulis Essai dengan judul “Peran Seskoal Dalam Implementasi Trisila TNI AL dan Nilai-nilai Perjuangan Yos Sudarso Guna Membangun SDM Pemimpin TNI AL Yang Unggul”.

Adapun juara II Lomba Menulis Esai diraih oleh Letkol Laut (KH) M.Asri Arief dari Spersal Mabesal dengan judul “Diseminasi Nilai Trisila dan Perjuangan Yos Sudarso Guna Mewujudkan SDM Matra Laut Profesional dan Unggul”. Untuk Juara III diraih oleh Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu dari KRI Diponegoro Satkor Koarmada II dengan judul “Command By Negation : Implementasi Trisila TNI AL Dalam Membentuk Karakter Prajurit Guna Menghadapi Peperangan Laut Modern”.

Letkol Laut (P) Tonny Sumarno, S.E., dalam tulisan Esai tersebut mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi dan informasi di era globalisasi saat ini ibarat pedang bermata dua, dimana pada satu sisi berdampak positif namun pada sisi lainnya dapat berdampak negatif. Degradasi dan lunturnya nilai-nilai Trisila TNI AL dan semangat perjuangan Yos Sudarso adalah hal yang tidak dapat dihindari, namun kepedulian seorang pemimpin terhadap organisasi akan dapat mencegahnya kearah yang lebih buruk, sehingga menyikapi permasalahan ini dibutuhkan langkah-langkah yang strategis dari seorang pemimpin. Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) sebagai lembaga pendidikan militer, mengimplementasikan Trisila TNI AL dan semangat perjuangan Yos Sudarso dalam wujud program-program terjadwal yang menjadi skala perioritas pimpinan dalam pembinaan personelnya, sehingga dengan semangat pengabdian yang tinggi, rela berkorban baik waktu dan tenaga, serta loyalitas yang tinggi kepada pemimpin dapat mewujudkan peran Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dalam membangun kader-kader SDM pemimpin TNI Angkatan Laut yang unggul dimasa datang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA