SANDAR DI PALEMBANG KRI TELUK LAMPUNG GELAR OPEN SHIP

SANDAR DI PALEMBANG KRI TELUK LAMPUNG GELAR OPEN SHIP
Jakarta, 16 Januari 2020 ------------ Satya Wira Jala Dharma. Masyarakat baik pelajar maupun warga lainnya antusias melihat dari dekat kehebatan kapal perang KRI Teluk Lampung 540 yang sandar di Dermaga Pellindo II, Palembang tengah menggelar "open ship".
Open Ship ini digelar selama dua hari untuk menampung antusiasme masyarakat Palembang yang ingin mengenal dan melihat langsung kapal perang TNI AL.
Kehadiran Kapal Perang Republik Indonesia Kolinlamil yang bersandar di Pelabuhan Benoa Bali menarik perhatian masyarakat umum khususnya para pelajar.
Sebagaimana terlihat kedatangan rombongan anak-anak sekolah mulai dari anak TK sampai tingkat SLTP, SLTA silih berganti memasuki Pelabuhan Pellindo II Cabang Palembang untuk mengunjungi kapal perang TNI AL.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengajak masyarakat untuk datang berkunjung ke kapal-kapal perang Kolinlamil yang berada di Mako Kolinlamil ataupun yang sedang sandar di daerah operasi.
“Kami membuka kesempatan seluasnya untuk masyarakat yang ingin mengenal kapal perang TNI AL khususnya Kolinlamil di Markas ataupun yang sedang sandar di daerah operasi” kata Panglima Kolinlamil.
Diketahui, KRI Teluk Lampung 540 selesai melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung Batalion Zeni Tempur 2 Samara Grawira Prabumulih usai pemulihan hunian pasca bencana gempa bumi Lombok.
Selasa (14/1), 54 orang pelajar SMK Pelayaran Panggali Nusantara, 10 orang pelajar SMAN 7 Palembang, 59 pelajar  Sekolah Pusri Palembang dan 22 orang pelajar SMPN 8 Palembang berkunjung ke KRI jenis Landing Ship Tank ini. Sedangkan sehari sebelumnya, Senin (13/1), tak kurang 75 orang pelajar sekolah dari SMA Taruna Palembang dan 31 orang pelajar SMK Pelayaran Sinar bahari Palembang juga mengunjungi ke KRI yang berada dibawah kendali Satlinlamil Surabaya.
"Kami mendampingi para pelajar menyampaikan bahwa kunjungan wisata edukasi ini merupakan salah satu tujuan dari pihak sekolah untuk memperkenalkan kepada para pelajar mengenal kapal perang milik TNI Angkatan Laut," ujar salah seorang guru sekolah Pusri Palembang.
Selain itu, pihak sekolah juga memanfaatkan momentum ini mengunjungi KRI Teluk Lampung 540 yang mempunyai tugas pokok sebagai Kapal Angkut Tank.
Dari Pihak sekolah, kegiatan kunjungan ke kapal perang ini sebagai salah satu program field trip edukasi maritim ke tempat-tempat yang bernilai maritim dan kedangan KRI TLP 540 ke Palembang merupakan kesempatan yang jarang terjadi.
Selain itu mengandung nilai edukasi, maupun berwisata sebagai salah satu kegiatan sekolah, dan menambah wawasan serta mengenalkan dunia kebaharian sejak dini.

Dalam kunjungan yang diwarnai suasana penuh keceriaan dari para pelajar dan guru ini, mereka diterima Komandan KRI Teluk Lampung Mayor Laut (P) Edi Herdiana. Pihak KRI Teluk Lampung 540 telah menyiapkan paket kegiatan, mulai pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL, garis besar kapal perang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang bersangkutan, yang disampaikan oleh perwira KRI.
Para siswa-siswi taman kanak-kanak, mendapat suguhan film berisi rekaman kegiatan maupun profil TNI AL dan Kolinlamil.
Juga, kegiatan yang berkaitan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia.
Usai pemutaran dokumentasi, siswa diajak berkeliling ke seluruh bagian kapal sambil menerima penjelasan dari awak KRI yang bertugas mendampingi, berkeliling di kapal perang.
Para siswa ini melihat berbagai jenis persenjataan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi dan kelengkapan alat-alat Search and Rescue (SAR), serta fasilitas akomodasi. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA