USAI APEL PAGI, PRAJURIT KOLINLAMIL TERIMA CERAMAH HUKUM

USAI APEL PAGI, PRAJURIT KOLINLAMIL TERIMA CERAMAH HUKUM
Jakarta, 8 Januari 2020 -------- Satya Wira Jala Dharma. Mengawali kegiatan awal tahun Dinas Hukum Komando Lintas Laut Militer (Diskum Kolinlamil) memberikan ceramah hukum bagi jajaran Kolinlamil  di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (8/1).
Ceramah hukum yang disampaikan disela-sela apel pagi oleh Letkol Laut (KH) Yanto Suryanto, S.H., M.H. yang menjabat sebagai Kasubdis Bantuan dan Nasehat Hukum Dinas Hukum Kolinlamil.
Dalam ceramahnya, Letkol Laut (KH) Yanto Suryanto, S.H., M.H. menjelaskan tentang disiplin prajurit sebagai ketaatan dan kepatuhan yang sungguh- sungguh bagi setiap prajurit TNI yang didukung oleh kesadaran yang bersendikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit untuk menunaikan tugas dan kewajiban serta bersikap dan berprilaku sesuai dengan aturan-aturan atau tata kehidupan prajurit TNI.
Penyampaian tentang disiplin prajurit, sebagai salah satu wujud pembinaan personel untuk menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran hukum seluruh personel Kolinlamil, sehingga diharapkan akan mengurangi angka pelanggaran maupun tindak pidana oleh anggota Kolinlamil.
Selain itu Kasubdis Banhatkum Kolinlamil juga mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk bijak dalam menggunakan media sosial.
“Beberapa saat lalu Kolinlamil sudah melaksanakan Seminar Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi tentang bahaya media sosialuntuk itu hati-hati dalam bermain dimedia sosial, hati-hati apabila berkomentar dimedia sosial. Ingat jika seseorang dianggap melanggar dimedia sosial maka dapat dikenakan UU nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik dan ini merupakan tindak pidana” tandas Pamen asal Bekasi ini.
Dilanjutkan pula ceramah hukum dipagi hari yang cukup cerah tersebut dengan masalah penyimpangan perilaku seksual LGBT. LGBT adalah sesuatu yang berbahaya secara perilaku maupun secara kesehatan, maka dapat dikatakan LGBT bisa menimbulkan beberapa resiko kesehatan, seperti penularan PMS (penyakit menular seksual). Penularan penyakit HIV / Aids lebih rentan terjangkit pada pelaku seks menyimpang sesama jenis.
“Jika sudah masuk dilingkungan Prajurit tentunya akan merusak moral serta lingkungan kerjanya. Hal ini merupakan ancaman bagi pembinaan kekuatan satuan TNI, khususnya pembinaan personel, karena akan berdampak negatif dan akan timbul homophobia, penularan prilaku homoseksual, lantaran kaum homo akan mencari penerus kedua dan korban-korban berikutnya” ujarnya mengingatkan.
Diakhir ceramahnya, Pamen Diskum ini menghimbau agar para prajurit Kolinlamil untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri dalam kedinasan.
“Hindari tindakan yang dapat melanggar hukum. Jaga keluarga kita dan sayangilah. Bersyukurlah dengan apa yang telah kita dapat. Jangan melihat orang lain, bersyukur, ikhlas dan selalu berpikir positif” ujarnya menutup ceramahnya.(Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA