ANGKATAN LAUT BRUNEI DARUSALAM KUNJUNGAN HORMAT KEPADA PANGKOARMADA I : ERATKAN HUBUNGAN DIPLOMASI

ANGKATAN LAUT BRUNEI DARUSALAM KUNJUNGAN HORMAT KEPADA PANGKOARMADA I : ERATKAN HUBUNGAN DIPLOMASI

Tentara Laut Diraja Brunei Darusalam melaksanakan kunjungan kehormatan ke Koarmada I dalam peningkatan hubungan Naval Diplomasi. Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Brunei telah memiliki hubungan kerjasama yang cukup lama diberbagai bidang, baik pembangunan sumber daya manusia yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan dan latihan, maupun pertukaran informasi dan pengalaman, Jumat (21/2/2020).

Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han), menyampaikan bahwa hubungan kerjasama militer yang dibangun TNI AL dikawasan bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas keamanan maritim kawasan. Brunei adalah negara tetangga yang memiliki kepentingan yang sama dalam menjaga keamanan maritim diantaranya adalah menangani kemanan laut dari ancaman bahaya tindak kekerasan di laut, pelanggaran hukum dan penanggulangan bencana.

“Peningkatan latihan dan capacity building hendaknya dijadikan pertimbangan, sehingga latihan besama kedua negara bisa mengembangkan skenario yang lebih komplek dan lebih mendekati perkembangan situasi, hal ini jelas diperlukan peningkatan profesionalisme kedua angkatan laut” imbuh Kepala Staf Koarmada I.

Ditempat yang sama, Kepala Pusat Informasi Maritim (Kapusinfomar) Laksma TNI Andi Abdul Azis menyampaikan bahwa peningkatan teknologi informasi dengan tingginya dinamika issue kemaritiman, maka TNI mendorong dibentuknya Pusat Informasi Maritim yang berfungsi sebagai pengolah dan penyaji data informasi kemaritiman, untuk kepentingan terwujudnya Maritime Domain Awareness (MDA).

Sementara itu, Commander Willi bin Padan selaku Delegasi Brunei menyampaikan bahwa Tentara Laut Diraja Brunei Darussalam hendaknya akan terus meningkatkan kerjasama yang telah terjalin selama ini, dan perlu ditingkatkan lagi latihan serta kegiatan lain yang bersifat persahabatan diantaranya Jiwa Murni (Bhakti Sosial) pada latihan-latihan seperti didalam latihan Helang Laut antara TNI AL dengan Tentara laut Diraja Brunei.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala Staf Koarmada I, Kapusinfomar TNI, Asintel Pangkoarmada I, Asops Pangkoarmada I, dan Delegasi Brunei Darusalam didampingi Atase Pertahanan Brunei Darusalam di Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA