EVALUASI LATIHAN, DISKOMLEK KOLINLAMIL ADAKAN KAJI ULANG INTERNAL LATPERNIKA 2020

EVALUASI LATIHAN, DISKOMLEK KOLINLAMIL ADAKAN KAJI ULANG INTERNAL LATPERNIKA 2020

Jakarta, 8 April 2020 ------------ Satya Wira Jala Dharma. Setelah ditutup pada Jumat (3/4) lalu, Latihan peperangan elektronika (Pernika) 2020 TNI AL, Dinas komunikasi dan elektronika Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan kaji ulang internal di Gedung Laut Sulu, Mako Kolinlamil, Rabu (8/4) dengan menerapkan prinsip physical distancing.
Kolinlamil sebagai salah satu pelaku dalam Latihan Pernika TNI AL 2020, melaksanakan latihan dengan menerima berita-berita latihan dari puskotis oleh unsur-unsur  KRI.
Unsur KRI yang mengikuti latihan antara lain : KRI Banda Aceh 593, KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Manado 537, KRI Teluk Amboina 503 dan KRI Mentawai 959.
Kaji Ulang internal yang dipimpin oleh Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yesayas T.M.Silalahi, S.T.,M.T., ini menyampaikan bahwa ada 4 (empat) pilar untuk meningkatkan profesionalisme prajurit komunikasi elektronika yaitu well trained, well equipped, well organize, dan well paid.
Lebih lanjut dikatakan, Diskomlek Kolinlamil sebagai pembina personel dan material komunikasi, secara terus-menerus konsisten mengembangkan SDM prajurit pengawak komlek Kolinlamil secara berkelanjutan  dengan program antara lain Lomba Cipta Teknologi, Mengoptimalkan kemampuan radio komunikasi untuk pengembangan C4I Kolinlamil kedepan.
Kadiskomlek juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta latihan dengan memberikan dukungan pembinaan ke unsur KRI peserta latihan dan memberikan juga apresiasi kepada KRI yang berprestasi dalam  pelaksanaan latihan.
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan paparan peperangan elektronika oleh Mayor Laut (E ) Catur Turus Wibowo, S.T., M.Tr. Opsla untuk memberikan pemahaman tentang Filosofi Peperangan elektronika. Paparan ini juga untuk memberikan pengetahuan serta membuka cakrawala tentang teknologi serta pentingnya pernika kedepan. Sehingga para pengawak KRI mampu bertindak sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.
Sementara itu dalam kaji ulang yang disampaikan oleh Mayor Laut  (P) Agung Ariwibowo, S.E. M.Tr Opsla disebutkan antusiasme dan semangat prajurit dalam melaksanakan pelatihan sangat tinggi, yang diharapkan dalam latihan berikutnya dapat mengoptimalkan peralatan komunikasi yang dimiliki setiap unsur. Minimnya peralatan dapat memacu dan memberikan ide serta kreativitas prajurit dalam mengoptimalkan peralatan tersebut. Dan dalam latihan pernika tahun ini, Kolinlamil mendapat apresiasi dari Diskomlekal dengan kategori baik.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengapresiasi latihan yang telah dilaksanakan para prajurit Komlek Kolinlamil dengan penuh semangat dan disiplin.
”Kendala atau kekurangan yang terjadi selama dilaksanakannya latihan, harus menjadi acuan semangat bagi peserta untuk berlatih sungguh-sungguh, dan bagi panitia menjadi acuan untuk meningkatkan kesiapan secara maksimal pada pelaksanaan berikutnya “, ujar Panglima Kolinlamil.
Disisi lain menurut orang nomor satu di Kolinlamil ini,  pendampingan dari Diskomlekal pada latihan Pernika 2020 ini juga sangat membantu peserta dalam pemahaman materi latihan dan pengoperasian peralatan yang digunakan.(Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA