KOLINLAMIL LATIHAN PENANGGULANGAN COVID 19 FOKUS DUKUNG ANGKUTAN LAUT

KOLINLAMIL LATIHAN PENANGGULANGAN COVID 19
FOKUS DUKUNG ANGKUTAN LAUT
Jakarta, 13 April 2020 ------------ Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 dalam rangka perencanaan operasi pelibatan dukungan angkutan laut dalam penanganan pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Khusus Covid-19 pulau Galang, Kepulauan Riau dan Nunukan dengan menerapkan prinsip physical distancing sehingga menggunakan video conference untuk membatasi jumlah yang berkumpul setiap ruangan. Latihan ini dibuka oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H. mewakili Panglima Kolinlamil, di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/4).
Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 tahun 2020 oleh unsur KRI Kolinlamil merupakan uji doktrin dari pada operasi bantuan kemanusiaan, dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang pada skenario latihan kali ini adalah berfokus kepada kegiatan perencanaan operasi pelibatan dukungan angkutan laut mendukung pemerintah dalam rangka mengangkut pasien di Rumah Sakit Khusus Covid-19 pulau Galang, Kepulauan Riau dan Nunukan.
Pembukaan latihan ini tidak seperti biasanya, dengan menggunakan video teleconference di Puskodal Kolinlamil, Kepala Staf Kolinlamil berdialog dengan para peserta latihan yang ada di Satlinlamil Jakarta dan Surabaya.
Saat membuka kegiatan tersebut, Kaskolinlamil menyampaikan amanat Panglima Kolinlamil bahwa perkembangan penyebaran dan dampak dari virus corona, berdampak sangat luas, sebagai akibat segala penyebaran virus tersebut, terutama dikarenakan interaksi antara manusia dengan manusia. Dikarenakan virus Corona sudah masuk ke wilayah Indonesia, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan seperti sistem Lockdown kepada seluruh wilayah di Indonesia. Langkah pemerintah sekarang adalah meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus di masyarakat”.
Dalam kesempatan itu juga disampaikan surat telegram Panglima TNI tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19. “Panglima telah mengeluarkan surat telegram tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di lingkungan TNI dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi Resiko Covid-19 yang disebabkan mobilitas seluruh prajurit dan PNS TNI.
Dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintah melalui pimpinan TNI maka Kolinlamil melaksanakan latihan penanggulangan Covid-19 untuk meningkatkan kemampuan personel dan alutsista yang berfokus pada pelibatan  KOLINLAMIL pada Operasi Militer Selain Perang dalam Dukungan angkutan laut.
Agar pelaksanaan latihan penanggulangan Covid-19 dapat berjalan dengan lancar dan aman, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M melalui Kepala Staf Kolinlamil memerintahkan seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan untuk benar-benar memahami dengan baik serta secara professional, serta berharap agar prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil latihan, mampu menjalin kerjasama sesama peserta latihan, para pelatih dan narasumber.
“saya berharap seluruh prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil dari latihan ini dan mampu menjalin kerjasama antara peserta latihan dengan para pelatih dan narasumber,” katanya.
Hadir dalam acara tersebut, Irkolinlamil, para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, Kasatker/Kadis dan Komandan KRI yang berada dipangkalan Jakarta serta Surabaya. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA