Polda Metro Gelar Operasi Ketupat Mulai Jumat, Fokus Amankan Larangan Mudik

Polda Metro Gelar Operasi Ketupat Mulai Jumat, Fokus Amankan Larangan Mudik


Jakarta - Polda Metro Jaya akan menggelar operasi kemanusiaan bersandi 'Operasi Ketupat' menyambut Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Dalam pelaksanaannya, polisi akan mengamankan kegiatan masyarakat, khususnya menyangkut kebijakan larangan mudik selama pandemi Corona.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan Operasi Ketupat kali ini digelar lebih lama, yakni mulai Jumat (24/4) hingga H+7 Lebaran. Polda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020).

"Sudah diambil keputusan dan kebijakan Polri bahwa yang biasanya Operasi Ketupat Lebaran itu kami laksanakan H-7 sampai H+7, saat ini dimajukan. Jadi mulai H+1, karena Ramadhan jatuh di 24 April ini, itu mulai dilaksanakan kegiatan Operasi Ketupat atau operasi Lebaran sampai nanti H+7 ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat live konferensi pers melalui akun Instagram Humas PMJ, Rabu (22/4/2020).

Dalam operasi ini, polisi membuat sejumlah pos pengamanan terpadu. Di pos pengamanan terpadu ini akan ada sejumlah polisi, TNI, hingga dishub, yang nantinya akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan.

"Tugasnya pertama masalah pengamanan kriminal, harkamtiblantas, dan ada skenario petugas pengamanan di pospam terpadu, membuat skenario untuk bisa melarang masyarakat-masyarakat yang akan mudik sesuai kebijakan pemerintah. Itu akan kami laksanakan di pospam terpadu," ucap Yusri.

Yusri menyampaikan akan ada 19 pospam terpadu yang tersebar di DKI Jakarta dan sekitarnya. Ada juga 3 pos pengamanan terpadu yang akan menyekat pergerakan kendaraan di tiga titik tol.

"Polda Metro Jaya menyiapkan 19 pospam terpadu, 19 titik, ada 3 titik pospam terpadu khusus di jalan tol, pertama itu ada di jalan tol yang mengarah ke Jawa Barat di pintu Cikarang Barat ya, lalu mengarah ke daerah Bogor itu di Pintu Tol Cimanggis, ketiga itu di Pintu Tol Bitung yang arah ke Merak," ujar Yusri.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga menyebutkan akan adanya penutupan tol elevated Cikarang untuk membatasi pergerakan kendaraan kecil. Sedangkan tol bawah tetap beroperasi dengan pergerakan kendaraan dibatasi.

Tol elevated ditutup mulai Kamis (23/4) malam. Kendaraan penumpang, baik pribadi maupun angkutan umum, akan diputarbalikkan di Tol Cikarang Barat.(Guffe).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA