Prajurit Divif 1 Kostrad Donor Darah Ditengah Merebaknya Covid-19



Prajurit Divif 1 Kostrad Donor Darah Ditengah Merebaknya Covid-19

(Penkostrad. Senin, 13 April 2020).  Divisi Infanteri 1 Kostrad menggelar kegiatan donor darah yang berlangsung di Wisma Atlet Kartika Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong Depok. Rabu (08/04/2020).

Sebelum melaksanakan kegiatan donor darah, terlebih dahulu mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh Panitia. Pertama, dilaksanakan pengisian blangko yang berisi checklist kondisi badan pendonor. Lalu dilaksanakan pengecekan kadar hemoglobin melalui petugas screening dengan bantuan alat yang mendukung dan diakhiri dengan tensi jantung oleh dokter, sehingga dokter inilah yang menentukan layak dan tidaknya si pendonor melakukan kegiatan donor darah ini.

Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan persediaan stok kantung darah yang mengalami penyusutan yang sangat drastis, sehingga untuk mengamankan jumlah stok kantong darah dalam batas aman dibutuhkan pendonor darah yang siap dan sukarela memberikan setetes darahnya bagi kemanusiaan. Puluhan Prajurit Divisi Infanteri 1 Kostrad melakukan sumbangsih donor darah secara sukarela yang berasal dari  tiga satuan yakni Denma Divif 1 Kostrad, Denpal Divif 1 Kostrad dan Ajen Divif 1 Kostrad.

Darah yang kita berikan, sangat berarti bagi kelangsungan hidup orang lain. Selain itu, donor darah juga tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor saja, namun juga kepada pendonor itu sendiri, yaitu penyegaran sirkulasi darah agar lebih sehat. Setetes darah sehat ibarat setetes air kehidupan yang mampu menyelamatkan orang lain. Setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien yang membutuhkan bantuan darah untuk keperluan pengobatan.

Turut hadir dalam acara donor darah tersebut adalah, Dandenma Divif 1 Kostrad, Dandenpal Divif 1 Kostrad, dan Wakaajen Divif 1 Kostrad.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA