BAKAMLA RI FASILITASI RAPAT KOORDINASI PENEGAKKAN HUKUM DI LAUT DENGAN PIHAK INSA

BAKAMLA RI FASILITASI RAPAT KOORDINASI PENEGAKKAN HUKUM DI LAUT DENGAN PIHAK INSA

Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., mengikuti rapat koordinasi dengan Panglima Koarmada I dan Kepala Bakamla RI yang juga diikuti oleh Setama Bakamla, Dir Ops Bakamla, Dirhubla dan Ketua Indonesian National ShipOwners Assosiation (INSA) dalam rangka membahas penegakan hukum di laut melalui Vicon, Senin (18/5/2020).

Dalam forum diskusi tersebut, Komandan Guskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., menyampaikan kepada perwakilan INSA agar proporsional menyikapi dinamika yang terjadi dan melaksanakan pengecekkan secara obyektif kepada anggotanya apabila terdapat kendala dalam operasional armada kapalnya yang diperiksa oleh aparat penegak hukum dari instansi manapun.

"Guskamla I sebagai Komando Pelaksana Operasi Koarmada I dalam penyelenggaraan operasi penegakkan hukum di laut mempunyai dasar hukum yang kuat, baik hukum nasional maupun internasional. Bahkan apabila diperlukan melaksanakan pemaksaan pentaatanpun diatur  sesuai Pasal 224 Unclos, kewenangan melaksanakan penegakkan hukum di wilayah yurisdiksi nasional Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yang mengatur tugas-tugas TNI AL serta UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran," ujar Komandan Guskamla Koarmada I.

Sinergitas dengan berbagai stake holder kemaritiman ke depan diharapkan dibangun semakin kuat untuk menciptakan gairah ekonomi maritim yang kuat. Apabila ada permasalahan-permasalahn dicari solusi yang elegant dengan tidak serta merta menyebarluaskan yang dapat mengganggu kredibilitas aparat penegak hukum yang sudah berupaya menjaga dan mengamankan setiap kepentingan nasional di laut.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan Pangkoarmada I, Kabakamla RI, Sestama Bakamla RI serta peserta rapat lainnya yang berjalan secara kondusif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA