CEK KESIAPAN MATERIAL DAN PERSONEL, PANGKOARMADA I PIMPIN APEL GELAR PASUKAN LATIHAN GLAGASPUR TINGKAT III

C
EK KESIAPAN MATERIAL DAN PERSONEL, PANGKOARMADA I PIMPIN APEL GELAR PASUKAN LATIHAN GLAGASPUR TINGKAT III

    Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat 3 (L-3) dengan tema “Tanggulangi dan Cegah Penularan Covid-19, Pelihara Profesionalisme Prajurit serta Kesiapan Alutsista, Siap Menyongsong Tugas” di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/7/2020).

Koarmada I sebagai Kotama Pembina mempunyai tugas membina kemampuan dan kekuatan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina kemampuan kesiapan operasional untuk melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam rangka pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum dilaut sesuai kebijakan Panglima TNI.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Geladi Tugas Tempur Tingkat 3 (L-3) adalah bagian penting agar mengetahui kondisi terakhir dari kesiapan personel. Kekuatan laut sangat tergantung kesiapan alutsista dan profesionalisme personel Koarmada I sehingga diperlukan latihan untuk menghadapi berbagai tugas baik pada masa damai maupun pada saat perang guna melaksanakan tugas-tugas tersebut. Personel memerlukan skill dan pengetahuan dalam melaksanakan tugasnya. “Kegiatan Geladi Tugas Tempur Tk-3 (L-3) ini agar dilaksanakan dengan baik sesuai doktrin dan konsep operasi yang dikembangkan, tetap memperhatikan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penularan covid-19 kepada para peserta latihan,” ucap Pangkoarmada I dalam sambutan tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa latihan tempur Tingkat-3 (L-3) akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dengan menggerakkan sekitar 2000 prajurit, 26 KRI, 17 Material Tempur Marinir, 15 Pesawat Udara, dengan daerah latihan di Perairan Jakarta, Tanjung Uban, Laut Jawa, Laut Natuna Selatan dan Dabo Singkep. Dimana seluruh aspek laut dilibatkan dan akan diawali dengan latihan pertahanan pangkalan, manuvra di laut, anti kapal permukaan, anti kapal selam, anti udara, penembakan, dan pendaratan amfibi dan diakhiri dengan kegiatan bhakti social. Latihan kali ini akan bersifat interoperability antar satuan yang tergabung dalam unsur SSAT, sehingga dibutuhkan kerjasama taktis unsur latihan yang meliputi komando, pengendalian dan komunikasi. Latihan ini untuk menjaga profesionalisme prajurit ditengah-tengah pandemic covid-19, dimana kita cukup sibuk dengan kegiatan dalam rangka penanggulangan dan pencegahan covid-19.

Latihan ini bertujuan untuk memelihara profesionalisme perorangan maupun kelompok dalam mengawaki pos-pos tempurnya, meningkatkan kemantapan komando dan pengendalian operasi, dukungan operasi dan penguasaan doktrin, taktik, teknis dan prosedur secara tepat, meningkatkan kemampuan dan kehandalan alutsista agar tercapai tingkat operasional yang dipersyaratkan.

Latihan yang melibatkan kekuatan dari Koarmada I, Kolinlamil, Kormar dan Puspenerbal ini, Pangkoarmada I mengingatkan kembali pentingnya tindakan purba jaga yang profesional dan proporsional dalam rangka mewujudkan zero accident disetiap kegiatan dan mematuhi prosedur protokol Covid-19 selama melaksanakan latihan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangkolinlamil, Komandan Kormar, Kadisopslatal, Komandan Puspenerbal, Kadissenlekal, Kadismatal, Kadiskomlekal, Kepala Staf Koarmada I, Komandan Lantamal III, Komandan Guspurla Koarmada I, Para Pejabat Utama Koarmada I, Para Komandan satuan, dan Para Komandan Unsur Jajaran Koarmada I.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA