CZECH HEDGEHOG, RINTANGAN PANTAI PENGHADANG PENDARATAN AMFIBI DI PANTAI TODAK

CZECH HEDGEHOG, RINTANGAN PANTAI PENGHADANG PENDARATAN AMFIBI DI PANTAI TODAK

Dabo Singkep, 19 Juli 2020,-- Jelang Pelaksanaan Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) L3 Terpadu Koarmada I, Satkopaska Koarmada I melaksanakan pemasangan Czech Hedgehog (beach obstacle) atau rintangan pantai di Pantai Todak. Pemasangan obstacle ini merupakan bagian dari operasi anti amfibi, untuk menghambat kendaraan pendarat masuk ke pantai pendaratan di  Pantai Todak, Dabo Singkep.

Gladi Tugas Tempur Tingkat III yang didesign layaknya dalam penugasan operasi di medan yang sesungguhnya diikuti oleh Koarmada I, Kolinlamil, Kormar dan Puspenerbal dengan menyajikan full mission profile. Manuver yang digelar di Kawasan Perairan Laut Jawa, Selat Karimata dan Perairan Pulau Singkep, Kepulauan Riau ini akan dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., yang bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat).

Dalam kesempatan ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., akan meninjau langsung latihan terpadu tersebut dengan on board di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Semarang-594, sebagai kapal Posko L-3.

Latihan yang digelar dalam rangka mendukung tugas TNI AL ini dilaksanakan untuk memelihara kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi, serta mewujudkan kesiapan unsur-unsur Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Laut Gabungan dan Operasi Amfibi guna mendukung Operasi Gabungan TNI.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I menjelaskan bahwa “Gladi Tugas Tempur merupakan program latihan rutin. Dimana prajurit yang terlatih adalah sesuatu yang mutlak harus terpenuhi, sehingga kita setiap saat siap menghadapi segala kedaruratan. Peningkatan profesionalisme, uji doktrin dan kesiapan Alutsista harus tetap dilaksanakan," ujarnya.

"Walaupun kita semua dihadapkan pada wabah Covid-19, latihan tidak boleh ditinggalkan. Upaya dan pemberlakuan prosedur, protocol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19 tetap dilaksanakan, dengan tujuan meningkatkan keyakinan dan menghilangkan kekhawatiran dalam latihan baik personel dan material yang digunakan aman. Karena prosedur dan protocol kesehatan tetap dilaksanakan," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA