LUAR BIASA, SAAT SANDAR PUN 2 KAPAL PERANG KOLINLAMIL BERLATIH ASAH PROFESIONALITAS

LUAR BIASA, SAAT SANDAR PUN 2 KAPAL PERANG KOLINLAMIL BERLATIH ASAH PROFESIONALITAS

Jakarta, 19 Juli 2020 --------- Satya Wira Jala Dharma.  Dua unsur kapal perang Republik Indonesia (KRI) kelas Landing Ship Tank Dan kelas Landing Platform Dock dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan saat sandar di daerah medan tugas.

Ini dalam rangka mendukung batalion TNI AD yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan perbatasan.

Dua unsur ini adalah KRI Teluk Hading 538 dengan komandan Letkol Laut (P) Roni dan KRI Banjarmasin 592 dengan komandan Letkol laut (P) Sobarudin.

Dua kapal beda jenis dan usia ini sedang sandar Usai debarkasi pasukan dalam menjalankan tugas negara.

Kegiatan ini meneruskan arahan Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. agar unsur KRI tetap melaksanakan pembinaan profesionalisme saat lintas laut maupun sandar dalam rangka melaksanakan tugas pokok Kolinlamil. Karenanya, KRI Teluk Hading 538 dan KRI Banjarmasin 592 melaksanakan latihan bersama.

Panglima Kolinlamil menginstruksikan kepada kedua Komandan KRI agar dalam melaksanakan kegiatan operasi selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan personel serta material.

Begitupula keamanan  pasukan yang diangkut menjadi prioritas, serta melaksanakan pembinaan kemampuan menuju daerah operasi.

"Unsur - unsur KRI Kolinlamil memiliki frekuensi operasi yang tinggi sehingga menjadikan kesempatan  untuk memelihara profesionalisme sebagai prajurit matra laut, dengan melaksanakan latihan sesuai profesi dan pembinaan kemampuan selama pelayaran maupun Saat sandar di daerah operasi,” tandas Panglima Kolinlamil.

Hal tersebut juga merupakan penekanan dari kedua Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya dan Jakarta bahwa unsur-unsur KRI selalu siap baik personel maupun materiil.

Dua kapal perang yang berbeda asal pembuatan ini melaksanakan latihan bersama di Dermaga Lantamal X Jayapura pada Minggu (19/7).

Kedua unsur KRI Kolinlamil ini melaksanakan tugas mendukung Satgas pengamanan perbatasan dan telah sandar di Dermaga Lantamal X Jayapura.

Unsur Satlinlamil Surabaya dan Jakarta ini melaksanakan beberapa materi latihan antara lain, flag hoist (latihan isyarat bendera) MBT( mail bag transfer) yaitu latihan pengiriman/ surat di laut, flashex (latihan isyarat lampu) dan publish exercise (latihan pemberitaan).

Para pengawak kapal perang dari kedua Satuan pelaksana Kolinlamil ini dengan penuh semangat dalam menjalankan latihan bersama yang berlangsung hingga malam dengan didukung alutsista yang ada, hal inilah yang membuat kedua komandan kelas LST dan LPD bangga atas semangat dan daya juang prajuritnya.

“Kita bangga atas semangat dan daya juang prajurit KRI Teluk Hading 538 dan KRI Banjarmasin 592. Terus semangat dan jaga kekompakan di antara kita,” kata Komandan KRI Banjarmasin 592, Letkol Laut (P) Sobarudin di sela-sela latihan.

Pernyataan lulusan AAL angkatan 45 ini diamini oleh  juniornya lulusan AAL 48 yang menjabat komandan KRI Teluk Hading 538.

“Dengan alutsista yang ada, KRI Teluk Hading 538 mampu menjawab kepercayaan para pimpinan TNI AL,” imbuh komandan KRI Teluk Hading 538. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA