Martapura, Salah satu Jenis Permainan Tradisional Dari Kalimantan selatan Balogo



Martapura, Salah satu Jenis Permainan Tradisional Dari Kalimantan selatan Balogo

Balogo merupakan salah satu jenis permainan tradisional dari Kalimantan Selatan. Nama Balogo diambil dari kata logo, karena permainan itu menggunakan logo. Permainan tradisional Suku Banjar ini biasanya dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa, baik secara beregu maupun perorangan. Jumlah pemain terdiri atas dua hingga lima orang.

Masing-masing tim yang beranggotakan beberapa pemain harus dapat meruntuhkan logo yang membentuk piramida mini dengan logo lain yang terbuat dari tempurung kelapa atau dalam bahasa lokal disebut 'logo tanding'. Permainan ini juga menggunakan sebuah alat yang disebut panapak atau campa. Bentuknya seperti alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 sentimeter (cm) dan lebar 2 cm. Fungsi alat ini untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.

Permainan balogo inilah yang sering  dilakukan baik oleh anak - anak dan orang dewasa diDesa Bi ih yang hingga kini masih bertahan.Permainan Balogo permainan yang sudah turun temurun di Banjar digemari tua dan muda serta anak anak di desa Bi-ih.

Permainan tradisional tersebut dimainkan dikala sore hari yang mana Anak-anak dan orang dewasa bersantai dan mengisi waktu dengan bermain  Balogo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA