Martapura - terlihat sejak pagi hari. Kesibukan warga Desa Bi ih bukan tanpa alasan, ternyata warga desa, sedang mempersiapkan makanan untuk menyambut panen raya.




Martapura -  terlihat sejak pagi hari. Kesibukan warga Desa Bi ih bukan tanpa alasan, ternyata warga desa, sedang mempersiapkan makanan untuk menyambut panen raya.

Ibu - ibu bersama - sama memasak untuk mempersiapkan makanan yang akan dibawa sepanjang desa menuju pematang sawah yang tidak jauh dari desa tersebut.

Ada berbagai jenis makanan khas masyarakat Desa Bi-ih yang dipersiapkan yang nantinya di tepi pematang sawah akan dihidangkan semua menu yang dimasak warga.

Sebelum menyantap makanan yang di tepi pematang sawah,  terlebih dahulu diadakan doa bersama sebagai rasa syukur atas nikmat dan karunia panen yang melimpah.

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 1006/Mtp juga turut membantu dengan membawa hidangan bersama warga Desa.
Saat pelaksanan panen raya,  Satgas TMMD Kodim 1006/ Mtp tanpa sungkan turun ke tengah sawah bersama warga untuk memanen padi yang sudah waktunya untuk dipanen.

Tradisi seperti ini sudah dilakukan warga Desa Bi-ih setiap tahun. Seperti yang diungkap warga desa, acara seperti ini merupakan tradisi masyarakat desa Bi-ih yang sudah dilakukan sejak neneng moyang terdahulu.

“Acara ini rutin diadakan masyarakat desa Bi-ih tiap tahun jelang masa panen padi,” ungkap Ibu Lina warga Desa Bi-ih, Selasa (28/07/20).

Ibu Lina menambahkan ini merupakan bentuk syukur masyarakat desa Bi-ih kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah.

“Ini bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan, karena hasil panen yang melimpah,” tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA