Satgas TMMD Purwodadi Manfaatkan Limbah Gergaji untuk Pengecoran Jalan

S
atgas TMMD Purwodadi Manfaatkan Limbah Gergaji untuk  Pengecoran Jalan

Semarang – Terik matahari yang diikuti tiupan angin kencang berakibat adukan material cor lekas kering dan sulit pemerataannya sehingga menghambat proses pengecoran jalan, selain itu cor juga akan mudah pecah dan kualitasnya kurang baik.

Mengatasi hal tersebut  Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 0717/Purwodadi  menutup permukaan jalan dengan serbuk gergaji.  Dengan penutupan ini suhu yang tinggi dari sinar matahari mampu dikendalikan dan terbukti mampu memadatkan dan meningkatkan kualitas pengecoran jalan sepanjang 700 m di Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Jum’at (24/7/2020).

Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto, S.I.P., M.A.P mengungkapkan bahwa limbah industri penggergajian kayu selama ini banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya.
Bahkan banyak yang dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya berdampak negatif terhadap pencemaran lingkungan.

“Dengan pemanfaatan limbah serbuk  kayu gergaji tersebut , pencemaran lingkungan juga bisa dicegah” ungkap Kapendam.

Kondisi lingkungan yang panas akan mempengaruhi proses hidrasi coran dan akan meningkatkan penguapan pada bagian luar coran. Karena penguapan yang cepat ini akan berakibat menggangu proses pengerasan beton.

“Apa yang dilakukan  Satgas TMMD dari Kodim 0717/Purwodadi ini patut diacungi jempol, sebab dengan teknologi sederhana mampu mengendalikan pengecoran jalan yang hasilnya lebih maksimal” pungkas Kapendam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA