Tingkatkan Kesehatan, TMMD Ke 108 Bangun Satu Persatu Jamban Warga Desa Bi-ih.

Tingkatkan Kesehatan, TMMD Ke 108 Bangun Satu Persatu Jamban Warga Desa Bi-ih.

Martapura, Dalam rangka untuk menciptakan budaya tidak BAB di sembarang tempat, program TMMD ke-108, Kodim 1006/Martapura, menyelesaikan satu persatu jamban warga Desa Bi-ih Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Untuk menentukan siapa saja warga yang mendapat jatah pembangunan jamban sehat, sudah koordinasi dengan Pemerintahan Desa Bi-ih.

Dengan cara itu, diharapkan supaya warga yang mendapat pembangunan jamban bisa tepat sasaran. Artinya warga tersebut yang belum mempunyai jamban dan secara ekonomi memang tidak mampu,' jelas Dansatgas TMMD Letkol Arm Siswo Budiarto.

Dikatakan Dansatgas TMMD Letkol Arm Siswo Budiarto, dalam program TMMD Ke -108 di Desa Bi-ih, beberapa jamban warga menjadi target pembuatan jambanisasi. Untuk progres pembangunan jamban itu bervariasi. Kita targetkan terhadap warga yang selama ini tidak memilik jamban.

Sesuai dengan program TMMD Ke-108, salah satunya pembuatan jamban warga harus selesai sebelum TMMD usai.
Harapan kita, dengan adanya jamban di rumah warga maka tingkat kebersihan dan kesehatan warga semakin meningkat. Ujarnya.

Kita berharap pembuatan jamban dapat diselesaikan secepatnya agar tercapai sesuai target yang ditentukan karena waktu terus akan bergulir. Jelasnya kepada media, Jumat (17/07/20).

Selain Jambanisasi kegiatan fisik lainnya yang dilaksanakan dalam TMMD Ke -108 diantaranya, pembangunan jalan baru sepanjang 4.779 meter, melakukan rehab Mushola, rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni)  dan pembangun pos Kamling.

Sementara itu, pembuatan jambanisasi yang dilaksanakan dalam TMMD 108 Kodim 1006/Martapura, menyasar ke warga RT03 bernama M Jan dengan penerima jamban ibu Inai  (57 thn) warga Desa Bi-ih dan saat ini sudah mencapai 55% dan diharapkan secepatnya terselesaikan.

Ibu Inai merupakan satu dari 5 warga yang mendapat bantuan dalam program TMMD Ke 108 TA 2020 Kodim 1006/Martapura.

Pembuatan jamban di rumah Ibu Inai, karena selama ini tidak memiliki jamban di rumahnya. Diusia yang sudah 51 tahun, Ibu Inai harus berjalan jauh hanya untuk BAB.

Sejumlah TNI Satgas dan warga tengah mengerjakan jamban secara bahu membahu dan diharapkan dua tiga hari ke depan akan selesai. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA