APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN LAUT GUSPURLA KOARMADA I

APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN LAUT GUSPURLA KOARMADA I

Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut dipimpin oleh Danguspurla Koarmada I Kolonel Laut (P) Dato Rusman bertempat di Dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat (14/8/2020).

Tugas pokok Satgas Pengamanan Laut yakni melaksanakan pengamanan wilayah Perairan Jakarta dan Banten sampai dengan Selat Sunda, serta menyiapkan kontijensi Pengamanan VVIP melalui jalur laut pada tanggal 13 sampai dengan 17 Agustus 2020 dalam rangka pelaksanaan rangkaian acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020.

Danguspurla Koarmada I Kolonel Laut (P) Dato Rusman selaku Dansatgas Pengamanan Laut menyampaikan bahwa apa yang kita laksanakan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap para para pejuang dan Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah rela berjuang dan berkorban untuk bangsa dan negara meskipun saat ini kita tengah berjuang melawan musibah wabah Virus Covid-19, akan tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap mendukung suksesnya perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 ini.

"Kita sebagai Prajurit Matra Laut memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengemban tugas pokok melaksanakan pengamanan di wilayah Perairan Jakarta dan menyiapkan untuk kontijensi Pengamanan VVIP melalui jalur laut untuk menjaga keamanan dari kemungkinan adanya ancaman kelompok tertentu yang berusaha menggagalkan kegiatan kenegaraan ini," ujarnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam Pengamanan Laut HUT RI Ke-75 sebanyak 5 KRI yakni KRI Patimura-371, KRI Semarang-594, KRI Tenggiri-865, KRI Leuser-924, dan KRI Cakalang-852. Selain itu, juga didukung 2 Sea Rider, 2 Tim Satkopaska Koarmada I, 1 Heli Puspenerbal, serta didukung oleh Personel Lantamal III, Lanal Banten, Marinir, dan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dengan jumlah total sebanyak 615 personel.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA