BABINPOTMAR UJUNG TOMBAK PEMBINAAN POTENSI MARITIM

BABINPOTMAR UJUNG TOMBAK PEMBINAAN POTENSI MARITIM

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut ( P ) Yustus Nasarius Rossi mengukuhkan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Bengkulu di Aula Yos Sudarso Markas Komando ( Mako ) Lanal, Jalan RE Martadinata No. 10 Kota Bengkulu, Selasa (18/8/2020).

Pengukuhan Babinpotmar Lanal Bengkulu ditandai dengan pemasangan badge kepada perwakilan personel Peltu Bah Ali Nurdi, Pelda Kom Andi Mailan dan Serda Ttu Enjum sebagai Bintara pembina potensi maritim Lanal Bengkulu.

Danlanal Bengkulu dalam sambutannya mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, didalamnya salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah laut (Dawilhanla).

"Dengan adanya pengukuhan Babinpotmar pada hari ini yg merupakan wujud nyata implementasi dalam melaksanakan amanah UU, diharapkan Babinpotmar mampu menjadi ujung tombak dalam melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan mampu memberikan pengetahuan dalam rangka mengedukasi masyarakat pesisir tentang pertahanan laut, apapun metoda yang digunakan baik perorangan maupun kelompok melalui komunikasi sosial untuk membangun kemanunggalan TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Bengkulu dengan masyarakat pesisir dan instansi pemerintah terkait serta Babinsa dan Babinkamtibmas," ujarnya.

"Para prajurit diminta melaksanakan tugas dengan baik, menjaga citra TNI, TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Bengkulu, Eksistensi dan peran Babinpotmar dibutuhkan untuk membina masyarakat desa pesisir secara komprehensif, tidak hanya dalam bidang pertahanan negara dan bela negara namun juga dapat mendukung perencanaan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian dengan menyesuaikan kondisi geografis, demografi dan kearifan lokal untuk dapat dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang demi kepentingan pertahanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," tutur Danlanal Bengkulu.

Lebih lanjut disanpaikan bahwa sebagai prajurit Sapta Marga laksanakan tugas secara profesional dan tingkatkan sinergitas antara aparat Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembina Keamanan Ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas), dan aparatur pemerintah maupun komponen masyarakat.

Babinpotmar Lanal Bengkulu merupakan anggota Lanal yang bertugas di Pos-Pos jajaran Lanal Bengkulu, diharapkan dalam penugasannya mampu menciptakan manfaat untuk masyarakat sekitar serta mampu menjadi pengayom stabilitas keamanan di wilayah binaan, ciptakan hubungan yang harmonis serta menjaga citra TNI Angkatan Laut di mata masyarakat.

Upacara tersebut dihadiri, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bengkulu Edie Hartawan, Kepala Bagian Pemerintah dan Kerjasama Daerah Sekda Kota Bengkulu M. Dani, Danramil Kampung Melayu Kota Bengkulu Kapten Inf Sumardi, Kapolsek Kampung Melayu Kota Bengkulu AKP Dodi Julianus, Perwira Staf Lanal Bengkulu.

Acara tersebut diselenggarakan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA