Bakamla RI Siapkan Personel Jelang Operasi Cegah Tangkal

Bakamla RI Siapkan Personel Jelang Operasi Cegah Tangkal

Jakarta, 13 Agustus 2020 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Menanggapi kasus penularan Covid-19 yang masih terus meningkat, Bakamla RI/Indonesia Coast Guard (IDNCG) merasa perlu menggalakkan aksi penanggulangan Covid-19 di laut. Hal ini merupakan latar belakang dari pelaksanaan Pra-Tugas Operasi Cegah Tangkal Bhakti Sosial Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Laut yang diprakarsai oleh Direktorat Latihan Bakamla RI. Kegiatan ini dilakukan secara daring, berpusat di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020).

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diperuntukkan bagi personel anak buah kapal (ABK) KN Bakamla RI, yang nantinya akan banyak terlibat langsung dalam penindakan dan penegakan hukum terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini. Inilah yang mendasari Bakamla RI menyusun buku "Panduan Menghadapi Pandemi Covid-19 di Laut" yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Buku ini juga dapat digunakan secara langsung atau sebagai referensi bagi aparat penegak hukum di laut lainnya. Hal ini disampaikan oleh Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 di laut sangat penting bagi para penegak hukum di laut, dan pengguna laut lainnya untuk membantu pemerintah di bidang keamanan maritim dalam rangka menekan angka penularan Covid-19, lanjutnya.

Selain itu, kegiatan ini juga turut menghadirkan personel Kesehatan Bakamla RI, antara lain Letda Bakamla Puguh Hariadi, dan Serma Bakamla Karyadi. Dalam kesempatan ini, personel Kesehatan memberikan petunjuk penggunaan alat pelindung diri (APD) yang benar. Praktik ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang prosedur penggunaan APD yang akan dipakai oleh Tim Pemeriksa dari KN Bakamla RI dalam melakukan pemeriksaan kapal di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief, beserta jajaran pejabat di Direktorat Latihan Bakamla RI.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA