PRE SAIL BRIEF AWALI PERIODE III OPS KAMLA GUSKAMLA I

PRE SAIL BRIEF AWALI PERIODE III OPS KAMLA GUSKAMLA I

Batam, 3 Agustus 2020,-- Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.M., memimpin rapat pre sail brief di Ruang Kendali Operasi (RKO) Staf Operasi Guskamla Koarmada I yang dihadiri oleh Asintel Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Tommy Herlambang, S.E., Asops Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Aslog Guskamla Koarmada I Kolonel Laut (T) Gatut Setiawan, para Paban Guskamla Koarmada I dan juga diikuti oleh para Komandan Unsur BKO Guskamla Koarmada I melalui Vicon.

Sebelum penyampaian arahan dari Komandan Guskamla Koarmada I, Paban Ops Guskamla Koarmada I mempresentasikan pencapaian operasi yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya menyangkut kapal-kapal yang telah diperiksa dan diproses hukum hasil tangkapan Unsur BKO Guskamla Koarmada I.

Dalam arahannya, Komandan Guskamla Koarmada I selain menyampaikan kebijakan Kasal dan Pangkoarmada I untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas operasi dan intruksi terhadap seluruh Komandan Unsur BKO Guskamla Koarmada I menyangkut Kepemimpinan di lapangan dan dinamika Operasional. Menyikapi kondisi teknis baik KRI, Pesawad Udara maupun Helly dihadapkan situasi personel, cuaca dan tantangan tugas agar para Komandan KRI dituntut dapat berperan sebagai seorang Commander, Leader and Manager yang tegas, profesional namun dekat dengan prajurit yang dipimpinnya.

“Perawatan secara berkala harus dilaksanakan dan diawasi secara ketat guna mengetahui kesiapan teknis mengantisipasi kerugian yang lebih besar, agar para perwira menyusun rencana rinci tugas masing-masing divisinya sehingga seluruh aspek teknis terkontrol dengan baik,” ujarnya.

“Terkait kegiatan operasional, agar memperhatikan keselamatan berlayar mengantisipasi cuaca buruk. Mewaspadai berbagai kegiatan illegal yang menggunakan kapal-kapal tonase besar, penyelundupan manusia dan aktivitas illegal lainnya agar dilaksanakan secara profesional dengan memahami aturan- aturan hukum baik nasional maupun internasional. Bekal informasi berupa anomali-anomali pergerakan kapal-kapal yang diindikasi melakukan aktivitas illegal agar ditindaklanjuti secara serius. Modus giat illegal yang berkembang saat ini adalah locus delicti maupun pada waktu-waktu yang tidak diperkirakan untuk melakukan penyelundupan terutama Narkoba dengan menggunakan sarana yang dapat mengelabui unsur patroli di laut,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Danguskamla Koarmada I juga meneruskan arahan dari Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., antara lain agar mewaspadai jangan sampai ada personel yang terpapar Covid-19, tetap semangat dan profesional dalam bertugas, serta jalin komunikasi yang intens dengan keluarga masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA