TINGKATKAN PEMBINAAN POTENSI MARITIM, DANLANTAMAL KUKUHKAN BABINPOTMAR JAJARAN LANTAMAL XII

TINGKATKAN PEMBINAAN POTENSI MARITIM, DANLANTAMAL KUKUHKAN BABINPOTMAR JAJARAN LANTAMAL XII

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII) Pontianak Kolonel Marinir Andi Rukman memimpin upacara pengukuhan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Jajaran Lantamal XII yang dilaksanakan di Lapangan Apel Pangkalan TNI AL Jeruju, Jalan Komyos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (24/8/2020).

Pengukuhan
Babinpotmar adalah sebagai bentuk aplikasi pemberdayaan wilayah yaitu Daerah Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) sesuai dengan Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. 

Komandan Lantamal XII dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan dikukuhkannya para Babinpotmar Lantamal XII, diharapkan mampu meningkatkan pembinaan potensi maritim diseluruh wilayah kerja Lantamal XII, sehingga tercapai dengan maksimal Dahwilhanla sebagai salah satu tumpuan pertahanan negara. 

"Pembinaan potensi maritim adalah bagian dari pembinaan kekuatan TNI AL, baik setingkat Armada, Lantamal, Lanal serta Posal. Pembinaan potensi maritim setingkat Armada dan Lantamal diwadahi dengan adanya jabatan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) dan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispomar), untuk tingkat Lanal terwadahi dengan adanya jabatan Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar), sedangkan Posal selama ini belum ada pejabat Potensi Maritim maka diperlukan penataan personel berupa pembentukan jabatan Babinpotmar (Bintara Pembina Potensi Maritim) 
Sebagai pengawak organisasi, Babinpotmar berfungsi mempertajam tugas pembinaan potensi maritim melalui metode komunikasi sosial (Komsos), pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) dan bakti TNI AL yang diharapakan dapat bersinergi dengan aparat lainnya," ujarnya.

Danlantamal XII juga mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya Babinpotmar harus mampu bekerjasama dan bersinergi dengan Babinsa dan Babinkamtimbas dalam merealisasikan pembinaan kepada masyarakat dilapangan, khususnya di wilayah pesisir dan perbatasan.  

Secara khusus Danlantamal XII menginginkan agar Babinpotmar Lantamal XII segera beradaptasi dan bergiat mewujudkan Desa Bahari Nusantara yang mandiri, serta Wisata Bahari yang mampu meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan masyarakat pesisir binaannya.

Mengakhiri sambutannya, Danlantamal XII memberikan beberapa penekanan kepada Babinpotmar antara lain, terus tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral yang baik agar memperoleh perlindungan dalam setiap melaksanakan tugas, segera beradaptasi dengan lingkungan dimana di tempatkan, hormati adat istiadat dan budaya setempat serta berupaya untuk dapat menjadi solusi bagi kesulitan-kesulitan masyarakat sekitar, terus laksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan unsur-unsur pemerintah dan aparat terkait lainnya, termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat, serta tokoh agama, serta selalu berpedoman kepada Sapta Marga, 8 Wajib TNI, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL, dan Buku Saku Babinpotmar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA