UJIAN AKHIR SISWA KIBINA TINGKAT DASAR KE-19 PUSDIKLAT BAHASA TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN STANDAR WHO

UJIAN AKHIR SISWA KIBINA TINGKAT DASAR KE-19 PUSDIKLAT BAHASA TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN STANDAR WHO

Pondok Labu-Jaksel, Sebagai Lembaga Pendidikan Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, adanya Pandemi Covid 19 tetap menyelenggarakan proses belajar mengajar.

Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. mengatakan "Selama adanya Pandemi Covid 19, sehingga proses belajar menggunakan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau menggunakan metode online, namun
demikian tidak mengurangi atau menyurutkan semangat
para siswa Mancanegara yang tengah Kursus Intensif bahasa Indonesia (Kibina), dan
selama pandemi ini, seluruh siswa tinggal di apartemen dan di Staf Atase Pertahanan Negara masing-masing, ujarnya.

Lanjutnya untuk mengetahui tingkat keberhasilan di dalam proses belajar mengajar ini maka, dalam minggu ini mereka sedang menjalankan Ujian Akhir yang diselenggarakan di Kampus Pusdiklat Bahasa Pondok Labu Jakarta Selatan, diawali hari ini Kamis, (13/8/2020)

Pelaksanaan ujian ini dengan menerapkan standar kesehatan, baik seluruh pengawas maupun siswa wajib menggunakan masker, cek suhu badan, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak.

Ujian akhir ini diawali dengan ujian menyimak atau listening di laboratorium bahasa dan dilanjutkan materi membaca yang dilaksanakan di kelas dan diikuti 5 Perwira Siswa (Pasis) masing-masing terdiri dari 3 Pasis dari Thailand (Letkol AD Kittisak Sukhawarat RTAF, Mayor AU Phonlaphat Sukhawarat RTAF, Kapten Wonchalarm Chumkuae, RTAF dan 2 Pasis dari Korea Selatan (Mayor AD Choz Jae Hoon, dan Mayor AU Seo Senng Nam.

Ujian ini berlangsung selama 4 (empat) hari dan dilanjutkan dengan membuat naskah atau artikel yang siap akan dipaparkan sebagai ujian terakhir dengan mempresentasikan di hadapan pejabat Kabidopsdik Kolonel Caj. Drs. Hasanauddin Salsab, M.Ed. dan guru lain. Proses belajar mengajar ini diampu oleh 5 (lima) Widyaiswara, masing-masing Kolonel Sus Drs. Sudiyatno, Kolonel Laut (KH) Dr. Bambang Nurakhim, M.M.,M.A.P., Pembina IV/a Astri Virgiani, S.S., M.M., Pembina IV/a Dra. Suhaeni, M.M. Penata III/c Achmad Fachri, S.Hum.M.A.P. Setelah ujian berakhir akan diadakan evaluasi dengan mengisi angket sebagai umpan balik terhadap pelaksanaan pembelajaran Kibina selama ini yang diadakan oleh Kabid. Evaluasi dan Pendidikan Peningkatan Mutu dan Pelatihan Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Kolonel Laut (KH) Puji Santoso, S.Pd.M.A.

Sebagai pembekalan akhir akan diisi oleh Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Brigadir Jenderal TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. yang akan diselenggarakan sehari sebelum penutupan kursus. Semoga pembekalan Kibina Tingkat Dasar yang diselenggarakan di Pusdiklat ini, akan bermanfaat di dalam mengikuti kursus berikutnya sebagai kursus menengah yang diprogramkan kepada Pasis sebagai bekal di dalam mengikuti pendidikan reguler masing-masing angkatan (Sesko Angkatan) di Indonesia, baik Seskoad, Seskoal dan Seskoau di tahun yang akan datang. Semoga pula hubungan 3 atau komunikasi Indonesia dengan berbagai negara sahabat dapat terus meningkat di masa yang akan datang khususnya di bidang pertahanan negara.

Proses belajar mengajar Kursus Intensif Bahasa Indonesia (Kibina) ke-19 ini dibuka sejak 11 Maret 2020 dan sesuai Rangka Pelajaran Terurai (RPT) Kibina Tingkat Dasar ke-19 TA.2020 dan akan berakhir pada 26 Agustus 2020, pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA