ANTISIPASI STOK DARAH DI PMI JAJARAN KOLINLAMIL DONORKAN DARAH

A


NTISIPASI STOK DARAH DI PMI
JAJARAN KOLINLAMIL DONORKAN DARAH

Jakarta, 25 September 2020 -------  Satya Wira Jala Dharma. Jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan Donor Darah untuk membantu kekurangan stok darah di Palang Merah Indonesia Jakarta Utara. Kegiatan yang juga dalam rangka peringatan HUT TNI ke-75 ini berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/9).

Donor darah ini dilakukan untuk mewujudkan kepedulian kolinlamil dalam berbagi dan membantu sesama, khususnya bagi yang membutuhkan darah sekaligus dapat menjaga kesehatan bagi pendonor.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H. dan dihadiri oleh para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta, Pok Sahli, Kadis/Kasatker, dan Komandan KRI yang berada di pangkalan Jakarta.

Kepala Staf Kolinlamil mengatakan kegiatan baik tersebut merupakan upaya Kolinlamil untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah PMI, terutama dimasa pandemi COVID-19, yang mana sekarang ini membuat cadangan atau jumlah darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat cenderung meningkat.

''Kegiatan donor darah saat wabah pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang sangat mulia, dan merupakan kerelaan untuk membantu yang membutuhkan.

Kuncinya ada di protokol kesehatan dan dipersiapkan baik untuk pendonor maupun petugasnya,'' kata Kepala Staf Kolinlamil.

Sebelum menjadi calon pendonor, para peserta harus melalui tahapan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui perkembangan kesehatan mereka sehingga proses donor dapat berlangsung dengan aman dan sehat.

''Donor darah pada peringatan HUT TNI ini merupakan momentum yang tepat untuk memotivasi masyarakat dan memberikan teladan untuk mendonorkan darahnya dimasa pandemi.  

Kedepankan protokol  kesehatan dan sudah disiapkan untuk menjamin bahwa kegiatan bisa berlangsung dengan baik dan aman,'' terang orang nomor dua di Kolinlamil ini.

Ia berharap kegiatan tersebut bisa diteruskan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat serta menjadi momentum penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

''Sebagai bentuk apresiasi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Kolinlamil  atas kesediaannya mendonorkan darah ditengah pandemi COVID-19. Para prajurit yang mendonorkan adalah pahlawan kemanusiaan,'' tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan donor darah terselenggara atas kerjasama Kolinlamil dan PMI Jakarta Utara dengan menargetkan sebanyak 500 pendonor, selain Kolinlamil juga secara bersamaan jajaran instansi pemerintah lain jajaran Forkopimda Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Kegiatan dilaksanakan secara bergelombang mengacu pada protokol kesehatan agar tidak berkerumun dan tetap jaga jarak dan pakai masker. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA