Membangun Jalan Sekaligus Menumbuhkan Budaya Literasi

M


embangun Jalan Sekaligus Menumbuhkan Budaya Literasi

Semarang– Menumbuhkan minat baca untuk warga masyarakat akan mempermudah mewujudkan budaya literasi ke depannya. Pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar semakin membuat kita jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. Padahal membaca lebih memperkaya pengetahuan serta meningkatkan kreativitas dan juga mampu membentuk karakter.

Namun mengimplementasikan kegiatan positif  tersebut bukan perkara mudah. Cara sederhana yang dilakukan anggota Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713/Brebes yaitu dengan membawakan surat kabar dari berbagai media untuk dibaca warga di lokasi sasaran TMMD.

Sertu Eko Nuhyoto, Babinsa Kalinusu, Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713/Brebes, yang dalam beberapa kesempatan berinisiatif membawakan koran untuk dibaca warga. Dijelaskannya bahwa apa yang dilakukannya itu untuk menumbuhkan kebiasaan masyarakat setempat agar timbul minat membaca sehingga tahu perkembangan dunia luar.

“Distributor koran belum sampai kemari karena harus menyebrang rakit melewati Kali Pemali untuk sampai ke Kedung Kandri dari Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung,” jelasnya.

Kini Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713 Brebes berhasil membuat jalan tembus, untuk akses satu dusun yang terisolir yaitu Dusun Kedung Kandri di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berupa jalan sepanjang 1,6 kilometer lebar 4-6 meter.

Mayoritas masyarakat Dusun Kedung Kandri berprofesi sebagai petani dan buruh tani, dan keterisoliran sebelumnya menyebabkan masih banyak yang berhenti sekolah di tingkat SD dan SLTP. Eko berharap agar sejumlah koran yang dibawanya itu dapat menggugah minat mereka untuk gemar membaca.

Wasrip (57), Ketua RT 01. RW. 01, Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengapresiasi anggota Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, atas motivasi gemar membaca di dusunnya itu.

“Saya mewakili 100 kepala keluarga di Dusun Kedung Kandri, mengucapkan banyak terima kasih, Karena selain sudah diberikan jalan baru pendekat ke desa kami, Kalinusu, kami juga ditunjukkan bahwa dusun kami sedang ramai diberitakan di media cetak,” ungkapnya mengapresiasi.

Diungkapkan oleh Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. Senin (12/10/2020) bahwa tugas ini merupakan panggilan diri sendiri, melihat lokasi yang berada di pelosok desa dan terbatasnya akses jalan di lokasi tersebut.

“Dengan TMMD ini tentunya dapat merubah wajah Desa Kalinusu menjadi desa yang lebih maju dan sejahtera, mengapa demikian?  Karena salah satu sasaran fisik Satgas ini adalah membuka jalan setapak dari Dukuh Karanganyar menuju Dukuh Karang Kandri sehingga akses kedua Dukuh tersebut lancar”

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA