DITENGAH PANDEMI COVID-19, SESKOAL GELAR SEMINAR MARITIM INTERNASIONAL TAHUN 2020 SECARA ONLINE

DITENGAH PANDEMI COVID-19, SESKOAL GELAR S


EMINAR MARITIM INTERNASIONAL TAHUN 2020 SECARA ONLINE

Seskoal, 05 November 2020, -- Ditengah Pandemi Covid-19, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menggelar Seminar Maritim Internasional Tahun 2020 secara online dengan menggunakan video conference yang berlangsung di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (05/11).

Seminar Maritim Internasional Seskoal TA.2020 mengangkat tema “Maritime Cooperation Is Our Regional Future” dengan Keynote Speaker Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar ini melalui kemajuan teknologi yang mampu memperkuat pesan yang ingin disampaikan kepada komunitas maritim yang paling jauh sekalipun dalam batas jaringan. Dengan adanya wabah pademi Covid-19 ini membuat kita berkumpul dengan cara memanfaatkan teknologi yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Dikatakan lebih lanjut, sesuai dengan tema seminar kali ini sangat berhubungan langsung dengan tugas dan peran universal Angkatan Laut yakni keamanan laut dan diplomasi Angkatan Laut. Keinginan bersama untuk memajukan kerjasama maritim dengan tujuan mempertahankan dan menjamin stabilitas dan juga keamanan kawasan guna mendorong negara-negara di kawasan untuk meningkatkan pola kerjasama lebih lanjut. Dengan Seminar Internasional yang dikemas dalam kerangka akademis ini, kita sangat memerlukan pemikiran kritis dan pemahaman yang mendalam sehingga dapat memunculkan ide segar serta memicu pendapat yang dapat diambil serta menjadi tindakan didunia nyata untuk keuntungan Angkatan Laut dan juga negara Indonesia.

“Dengan seminar ini dapat memberikan gambaran jelas bagi peserta dan juga segenap komunitas maritim terhadap pentingnya kerjasama dan kolaborasi yang dapat menguntungkan bersama.Tentunya yang terpenting adalah dapat memperluas pengetahuan yang dimiliki untuk bergerak lebih jauh lagi dalam komunitas Angkatan Laut dan lingkungan maritime nasional,” harap Kasal.

Pada kesempatan yang sama pula, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., menjelaskan bahwa seminar ini dilaksanakan dalam bentuk Diskusi Panel dan Webinar di mana para Pembicara dan Narasumber akan membahas masalah keamanan maritim, kejahatan terorganisir transional, bencana alam dan pandemi global serta perang siber, media dan informasi.

Adapun tujuan secara umum Seminar Maritim Internasional Seskoal TA.2020 ini yaitu Pertama, untuk mempromosikan pertukaran budaya dan berbagi praktik terbaik dalam kebijakan dan strategi maritim, baik dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi melalui keterlibatan intelektual untuk menyiapkan maritim sebagai masa depan regional. Kedua, untuk menginspirasi dan mendorong para pembuat kebijakan untuk bergerak lebih konstruktif ke dalam kerangka kerja keterlibatan baru atau lebih baik untuk ketertiban yang baik di laut. Dan Ketiga, unruk memperkuat kerja sama internasional yang ada dalam upaya bersama untuk mengatasi masalah keamanan regional.

Pada Seminar Maritim Internasional Seskoal TA.2020 terbagi menjadi dua Sesi. Dimana untuk sesi Pertama membahas tentang Future Challenges and Opportunities for Maritime Security dengan menghadirkan tiga pembicara antara lain Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M (Asintel Kasal) membawakan materi Cracking Down Transnational Organized Crime in the Region, Dr.Chris Rahman (University of Wollongong Australia) dengan materi Disaster Risk Management and Covid-19 Responses, Dr.Shashi Jayakumar (RSIS Singapore) materi yang dibawakan tentang Cyber, Media and Information Warfare. Narasumber pada Sesi Pertama ini adalah Laksamana TNI (Purn) Prof.Dr.Marsetio dan Dr.Ir.Dwisuryo Indroyono Soesilo, M.Sc, dengan Moderator Kolonel Laut (K/W) drg.Zelvya Purnama Rika, Sp.KGA., F.I.D.C.

Sesi Kedua membahas tentang Enhancing Regional Cooperation to Address Maritime Security Challenges, menghadirkan tiga pembicara antara lain Gilang Kembara, M.A (Peneliti Center for Strategic and Internasional Studies, Indonesia) membawakan materi Bilateral and Multilateral Cooperation to Deal With Transnational Crime, Mr.Ippeita Nishida (The Sasakawa Peace Foundation Japan) dengan materi Bilateral and Multilateral Cooperation for Humanitarian Assistance, Relief and Global Pandemic Responses, Vice Admiral (Ret) Pradeep Chauhan, AVSM and Bar, VSM (In Director General National Maritime Foundation India) memaparkan materi tentang Bilateral and Multilateral Cooperation to Deal with Cyber, Media, Information Issues. Narasumber pada Sesi Kedua, yaitu Laksamana Madya TNI (Purn) Dr.Desi Albert Mamahit, M.Sc (Dosen Universitas Pertahanan) dan Muhammad Rifqi Muna M., DEFSTUD., PhD., dengan dipandu moderator Letkol Laut (P) Bagus Jatmiko, S.H., M.S., M.Tr.Hanla.

Acara ini terselenggara dengan apik di bawah tanggung jawab Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si dengan Ketua Panitia Kolonel Marinir Dr. Agus Salim, S.H., M.Sc.,P.S.C. Acara diikuti peserta baik secara virtual (daring online) maupun hadir langsung di Auditorium Yos Soedarso Seskoal yang terdiri dari Pejabat Kotama TNI AL, Pejabat Utama Seskoal, Dosen Seskoal, Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 dan perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA