Kaum Muda Papua Siap Mengabdi Melalui Caba Otsus

                                                                         

 


Kaum Muda Papua Siap Mengabdi Melalui Caba Otsus

 

(Kogabwilhan III). Animo anak muda Papua untuk mengabdi kepada Bangsa dan Negara Indonesia melalui TNI AD sangat tinggi. Pada masa seleksi Calon Siswa Secaba PK Otsus bagi Orang Asli Papua (OAP) Tahun 2020 tercatat keseluruhan pendaftar berjumlah 1.827 orang, lulus ke tahap seleksi tingkat Kodam sejumlah 1.352 orang, dan akhirnya terpilih 960 orang untuk mengikuti latihan.

 

Pengumuman kelulusan bagi Casis Caba PK Otsus tersebut dilaksanakan di Gedung Badiklat Provinsi Papua Barat, Anday, Manokwari pada tanggal  28 Oktober 2020. Casis yang lulus telah mengikuti tahapan seleksi ketat dengan materi pemeriksaan administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi dan psikologi.

 

Mereka kemudian diberangkatkan ke tempat penggemblengan prajurit TNI AD yang memiliki fasilititas dan sarana yang lengkap antara lain Rindam III/Siliwangi (Bandung) sebanyak 330 orang, Rindam IV/Diponegoro (Magelang) sebanyak 240 orang, Rindam V/Brawijaya (Jember) sebanyak 260 orang, dan Rindam Jaya (Jakarta) sebanyak 130 orang. Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020.

 

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa melanjutkan informasi dari Kodam XVIII/Kasuari menjelaskan bahwa proses pemberangkatan secara bertahap melalui Bandara Rendani, Manokwari dengan maskapai penerbangan sipil telah berlangsung sejak Sabtu (31/10/2020) dan akan berlangsung hingga Senin (2/11/2020).

 

Selanjutnya Kapen Kogabwilhan III menyampaikan bahwa penerimaan Caba PK Otsus yang dilaksanakan atas kerjasama Pemda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari ini merupakan penjabaran dari kebijakan Pemerintah Indonesia melalui UU Otsus, dimana diberikan kesempatan seluas-luasnya bagi OAP untuk mengabdi kepada negara Indonesia dengan menjadi Aparat Sipil Negara (ASN), anggota TNI dan Polri.

 

Autentikasi :

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA