KENANG JASA PAHLAWAN, KOLINLAMIL PERINGATI HARI PAHLAWAN 2020

K


ENANG JASA PAHLAWAN,
KOLINLAMIL PERINGATI HARI PAHLAWAN 2020

Jakarta, 11 Nopember 2020 -------  Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 dengan upacara yang dipimpin Inspektur Upacara Komandan Denmako Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar, di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/11).

Sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Laut (T) Syaiful Hasan yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Logistik Smin Denmako Kolinlamil.

Upacara yang dikuti oleh Prajurit dan PNS Kolinlamil ini dalam rangka mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, para pendahulu yang telah gugur berkorban jiwa raga melawan penjajah untuk sebuah tujuan kemerdekaan Indonesia.

Meski ditengah masih mewabahnya covid 19 ini, peringatan yang sama juga secara serentak dilaksanakan di tempat lain di seluruh wilayah NKRI diantaranya taman makam pahlawan, di laut dengan menggunakan kapal perang dan di kantor-kantor instansi militer dan pemerintah sesuai dengan protokol kesehatan.

Komandan Denmako Kolinlamil yang membacakan amanat Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengatakan hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ” Pahlawanku Sepanjang Masa “.

Semua yang telah dilakukan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi rakyat Indonesia untuk meneruskan perjuangan bagi bangsa Indonesia.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham - paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia” jelas Komandan Denmako yang mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han).

Meskipun dalam masa pandemi covid, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti yang selalu di instruksikan Panglima Kolinlamil sesuai perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh prajurit TNI AL selalu menjaga kepercayaan yang diberikan Negara kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia” kata Mensos.

Semangat kepahlawanan dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini
Diakhir amanat Menteri Sosial yang disampaikan Komandan Denmako ditegaskan sebagai bagian dari rakyat Indonesia harus menunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Sebagaimana ungkapan The Founding Fathers Proklamator Sukarno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.(Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA