KOLINLAMIL GELAR KOMUNIKASI SOSIAL BINA MASYARAKAT PESISIR MUARA TAWAR

KO


LINLAMIL GELAR KOMUNIKASI SOSIAL
BINA MASYARAKAT PESISIR MUARA TAWAR  
Jakarta, 5 Nopember 2020 ------- Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan program komunikasi sosial dengan masyarakat pesisir Muara Tawar, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Kamis (5/11).   Program ini merupakan salah satu sosialisasi program ketahanan pangan bidang budidaya perikanan yang bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan Staf Potensi Maritim ini menyasar ke masyarakat Muara Tawar yang memiliki tempat pelelangan ikan dengan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi membuka langsung kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Segarajaya.
“Program komunikasi sosial ini merupakan langkah awal untuk menyampaikan program ketahanan pangan melalui budidaya ikan untuk wilayah binaan Kolinlamil” tutur mantan Asops Lantamal V Surabaya ini.
Program budidaya ikan yang ditutor oleh Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan ini akan melakukan budidaya ikan bandeng di tambak Muara Tawar Bekasi seluas 5 hektar.
Lahan tersebut merupakan milik warga setempat yang akan bekerjasama pengelolaanya dengan Pusat Koperasi Kolinlamil.
Komunikasi Sosial yang bertema “Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial Kolinlamil Tentang Ketahanan Pangan Maritim, Kita Wujudkan Indonesia Menuju Swasembada Pangan” berlangsung dalam kondisi cuaca yang hujan dan mereka yang hadir tetap harus melalui prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Saat warga akan memasuki bangsal UPTD Paljaya, mereka masing-masing dicek suhu dan diberikan masker serta face shield.
Dan posisi duduk saat mengikuti komunikasi sosial tersebut juga sesuai dengan phsycal distancing atau menjaga jarak antara satu dengan lainnya.  
Materi yang disampaikan oleh Kepala BLUPPB Karawang Ikhsan Kamil, S.T., M.Sc. tentang budidaya ikan bandeng mendapat perhatian yang luar biasa dari warga yang hadir. Ketika diberi kesempatan sesi Tanya jawab, mereka berebut saling bertanya. Hal ini menunjukan respon yang positif dan antusias dari warga setempat untuk mengembangkan budidaya ikan khususnya bandeng.
Sedangkan nara sumber dari Kepala Seksi Pelayanan Teknis BLUPPB Karawang Surya Laga, S.St.Pi. menjelaskan tentang teknis dalam mengembangkan budidaya ikan.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) disela-sela waktunya menyatakan dukungannya terhadap program ketahanan pangan yang dilaksanakan Staf Potensi Maritim. Hal tersebut merupakan salah satu langkah mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan akibat dampak pandemik covid 19. Dan ini sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar prajurit TNI AL selalu menjaga kepercayaan Negara dan masyarakat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara.
“Saya mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan prajurit Kolinlamil yang diinisisasi Spotmar Kolinlamil dengan menyusun serta melaksanakan program ketahanan pangan, sehingga diharapkan hasilnya dapat mewujudkan program ketahanan pangan untuk masyarakat,” tegas Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA