PRAJURIT KRI JAJARAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA BERLATIH EVAKUASI MEDIS KORBAN COVID 19 Jakarta, 2 Nopember 2020 ------- Satya Wira Jala



PRAJURIT KRI JAJARAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA
BERLATIH EVAKUASI MEDIS KORBAN COVID 19
Jakarta, 2 Nopember 2020 ------- Satya Wira Jala Dharma. Jajaran Satlinlamil 2 Surabaya melaksanakan praktek evakuasi medis pasien dalam Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19, Senin (2/11). Kegiatan praktek evakuasi korban covid 19 ini menggunakan KRI dan LCU. Dan ini berlangsung di KRI Banjarmasin 592.
Para peserta latihan yang berjumlah 560 personel ini dalam melaksanakan praktek dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidang prakteknya.
Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar, mengatakan latihan ini untuk melatih kesiapsiagaan personel satuan dan unsur Satlinlamil Surabaya dalam melaksanakan tugas operasi kemanusiaan, SAR, pengamanan logistik dan pengamanan kelompok rentan dalam penanggulangan dampak covid 19 sesuai prosedur yang berlaku.
“Latihan penanggulangan covid ini terfokus pada evakuasi medis korban covid 19 melalui kapal perang dan Landing Craft Unit (LCU) agar para prajurit lebih meningkat kesiapsiagaannya serta memahami prosedur” ujar Komandan yang turut memantau kegiatan tersebut.
Komandan Satlinlamil 2 Surabaya juga menyebutkan materi praktek yang dilaksanakan ini juga melatih meningkatkan kemampuan prajurit staf dan unsur baik perorangan maupun tim (Kesatuan) dalam berkoordinasi secara terpadu dengan instansi lain yang terkait dengan penanganan covid 19.
Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan sosialisasi dari Tim BPBD Provinsi Jawa Timur tentang Kebijakan Pemerintah Daerah dan Pembagian Unsur Satgas dalam Penanggulangan Covid-19 dari Segi Penyiapan Logistik dan Pembagian Gugus Tugas.
Yang menjadi perhatian  dalam latihan praktek ini adalah tentang cara dan prosedur pelaksanaan evakuasi medis korban covid 19 dengan menggunakan KRI dan LCU yang membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang efektif.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mengatakan latihan penanggulangan covid 19 di Satlinlamil 2 Surabaya merupakan latihan yang harus dilaksanakan mengingat wabah ini masih melanda Negara Indonesia, sehingga harus tanggap dan siapsiaga mengantisipasi segala hal yang akan terjadi.
“Jajaran Kolinlamil yang melingkupi Jakarta, Surabaya dan yang baru berdiri Satlinlamil 3 Makassar harus selalu siap menghadapi segala kemungkinan situasi yang masih mewabah ini. Kita harus selalu siap dan siaga dalam melakukan penanggulangan wabah bencana nasional ini” tutur Panglima Kolinlamil.
Orang nomor satu Kolinlamil ini juga menandaskan kesiapsiagaan jajaran Kolinlamil dalam penanggulangan covid 19 sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. agar prajurit TNI AL menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya penanggulangan covid 19 dimasyarakat. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA