Upacara Hari Pahlawan di RSDC Wisma Atlet Menggunakan APD

U


pacara Hari Pahlawan di RSDC Wisma Atlet  Menggunakan APD


RSDC Wisma Atlet – Kemayoran Jakarta pusat. Tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari Pahlawan guna mengenang peristiwa dan perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa dalam melawan dan mengusir para penjajah. Selaras dengan peringatan tersebut, tenaga Medis RSDC Wisma Atlet melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan dengan menggunakan APD bertempat di Area Taman Tower 7 RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Pelaksanaan upacara kali ini sangat unik dan menarik, karena peserta upacara seluruhnya mengenakan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang biasa digunakan ketika menjalankan tugas merawat pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet, mengenakan APD, juga mengingat area tempat dilaksanakannya upacara tersebut merupakan Zona Merah, sehingga setiap orang yang memasuki zona tersebut wajib menggunakan APD, kecuali pasien yang sedang menjalani perawatan.

Peserta upacara seluruhnya sebanyak 74 orang, terdiri dari  tenaga medis atau nakes yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, upacara berjalan dengan penuh hidmat, semangat sejalan dengan semangatnya dalam memerangi Corona Virus.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H. selaku Kepala Koordinator RSDC Wisma Atlet, kemudian bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Letkol Laut drg. M Arifin, Sp.Ort,.Mtr.Opsla selaku Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet.

Dalam amanatnya, Mayjen TNI Tugas Ratmono diantaranya menyampaiakan, “Bahwa hikmat peringatan hari pahlawan, diantaranya semangat Pahlawan dapat diterapkan oleh kita yang bertugas dalam percepatan penanganan Covid-19 di RSDC Wisma Atlet”, ujarnya.

Dalam memaknai nilai-nilai kepahlawanan, saat ini dihadapkan dengan masa pandemi Covid-19, khususnya yang bertugas di RSDC Wisma Atlet, dituntut jiwa dan semangat kepahlawanan dalam menghadapi Covid-19 ini, dengan harapan tidak ada lagi yang terpapar Covid-19 serta Pandemi ini segera berakhir.

Semangat kepahlawanan di RSDC Wisma Atlet, selama ini dikobarkan dengan semboyan “Pantang mundur sebelum Corona tumbang”, sebagaimana diungkapkan Letkol Laut drg M Arifin dengan penuh semangat.

Upacara peringatan hari pahlawan yang super unik ini, pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan, baik peserta upacara, tim pendukung, termasuk pasien yang menyaksikan upacara dari kejauhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA