ASOPS KASAL : KEBERHASILAN OPERASI BERKAITAN ERAT DENGAN PENYELENGGARAAN LATIHAN

A


SOPS KASAL : KEBERHASILAN OPERASI BERKAITAN ERAT DENGAN PENYELENGGARAAN LATIHAN

Jakarta, 17 Desember 2020,- “Keberhasilan operasi sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan latihan, mulai dari sifat, metode dan tingkat latihan yang dilaksanakan”, demikian disampaikan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., saat membuka Rapat Evaluasi Latihan TNI AL TA 2020 yang dilaksanakan di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/12).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan TNI AL yang telah dilaksanakan selama tahun 2020 guna memperoleh masukan yang konstruktif dalam penyusunan rencana latihan TNI AL kedepan, disamping untuk memecahkan berbagai permasalahan dan temuan yang terjadi dalam latihan-latihan terdahulu agar tidak terulang dimasa mendatang.   

Menurut Asops Kasal, sebuah latihan baik dalam rangka Pembinaan Kekuatan (Binkuat) maupun Penggunaan Kekuatan (Gunkuat) sangat penting dilaksanakan sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel serta mengukur kesiapan Alutsista agar siap digunakan untuk melaksanakan operasi. “Hal ini harus dipahami bersama agar setiap perencana dan penyelenggara latihan memiliki pola pikir dan pola tindak yang sama”, tegasnya.

Asops Kasal berharap agar permasalahan-permasalahan yang tidak dapat diatasi dikompilasi untuk diajukan sebagai bahan masukan pengambilan keputusan pimpinan TNI AL dalam merumuskan kebijakan perencanaan latihan yang akan datang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini  dihadiri Kadisopslatal Laksma TNI Deny Septiana, S.Ip., M.A.P., Irut Lat Itjenal Kolonel Marinir Suherlan, S.E., M.M., MSc., CHRMP,  Kapuskodal Kolonel Laut (P) Agung Moh. Kancana S, CHRMP,  dan para Asops Kotama serta para Sekdis  Mabesal. Rapat evaluasi ini merupakan penjabaran program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., khususnya merumuskan operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap  dinamika situasi terkini.

Pada kesempatan ini juga membahas  rencana kegiatan latihan tahun 2021  untuk mendapatkan masukan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dalam menghadapi tugas dan tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA