DANLANTAMAL III MENGIKUTI PEMBAHASAN PENYUSUNAN PORT SECURITY PLAN SECARA VIRTUAL.

D


ANLANTAMAL III MENGIKUTI PEMBAHASAN PENYUSUNAN
PORT SECURITY PLAN SECARA VIRTUAL.
 
                Dispenlant3. Komandan Lantamal III Kolonel Marinir Umar Farouq, S.A.P. yang di wakili Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Kolonel Laut (P) Teddie B. Hernawan, S.E., M.A.P. dan Asisten operasi (Asops) Danlantamal III mengikuti video conference guna pembahasan penyusunan Port Security Plan (PSP) yang dipimpin oleh Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok Bapak Wisnu Handoko, dari ruang serba guna Mako Lantamal III, Jl. Gunung Sahari Raya No.02 Ancol Jakarta Utara. Senin (14/12/2020).
            Pembahasan Penyusunan Port security Plan yang diikuti secara virtual dipimpin oleh Bapak Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Bapak Wisnu Handoko dengan menggunakan aplikasi Zoom, dalam rangka koordinasi terhadap rencana penyusunan Port Security Plan (PSP) yang telah di amanatkan dalam UU Pelayaran No. 17 dan ketentuan Internasional (SOLAS).
 Dimana pelabuhan tanjung priok saat ini sudah ada PFSP (Port Facility Security Plan) yang menangani dan menginformasikan tentang fasilitas di Pelabuhan Tanjung Priok, maka selayaknya juga punya PSP yang idealnya digabungkan dalam suatu informasi yang nantinya mengatur apa yang kita kenal sebagai “Port Security Comitte”, selaku koordinator adalah Kesyahbandaran Utama. “Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini kami mohon masukan dari rekan-rekan TNI dan Polri, karena Pelabuhan Tanjung Priok selain sebagai pelabuhan umum/niaga yang memiliki terminal-terminal khusus. Selain itu pula menjadi “Military Base”. Kata Wisnu.
Menurut Bapak Priananta terkait PSP sangat dibutuhkan karena sudah diamanatkan oleh Undang-undang 17 maupun dari ketentuan Internasional (SOLAS). PSP ini diperlukan karena didalam pelabuhan terdapat banyak stakeholder, sehingga di harapkan nantinya komunikasi semua upaya terkait dengan ancaman itu bisa menjadi sinergi. PSP ini diharapkan menjadi embrio bagi pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia dan bisa meningkatkan perekonomian di tahun-tahun mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA