DI MASA PANDEMI COVID-19, PERWAKILAN ALUMNI DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-58 LAKSANAKAN PROGRAM STUDI BANDING DENGAN REPUBLIK SINGAPORE NAVY (RSN) MELALUI VIDEO CONVERENCE


DI MASA PANDEMI COVID-19, PERWAKILAN ALUMNI DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-58 LAKSANAKAN PROGRAM STUDI BANDING DENGAN REPUBLIK SINGAPORE NAVY (RSN) MELALUI VIDEO CONVERENCE

Seskoal, 17 Desember 2020, -- Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., mengikuti kegiatan Program Studi Banding perwakilan alumni Pendidikan Reguler (Dikreg)  Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 dengan Republik Singapore Navy (RSN) melalui melalui video conference (vicon) yang berlangsung di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (17/12).

Pada vicon tersebut diikuti juga Commander MTDC RSN Col Ong Chee Wei, Assistant Defence Attache Jakarta SLTC Tony Wong, LTC Leong Mingjie, Commandant GKS CSC Col Paul Cheak, Senior Directing Staff GKS CSC Col Foong Kok Pun, Dean of RSIS Professor Ralf Emmers dan Atase Pertahanan Indonesia untuk Singapore Col Jimmy.

Mengawali vicon tersebut, Danseskoal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pendidikan TNI Angkatan Laut yaitu Seskoal Prize Winners Program yang merupakan pemberian penghargaan kepada alumni Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal yang berprestasi untuk mengikuti program studi banding ke luar negeri. Namun karena situasi covid 19 maka pelaksanaan program ini dilaksanakan secara video conference.

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal, dengan program ini para perwakilan alumni Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 diharapkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat dalam penugasan di masa mendatang.

“Selain itu, program ini diharapkan dapat mempererat hubungan dan kerjasama antara Angkatan Laut Indonesia dan Singapura sehingga turut memberikan kontribusi bagi terciptanta hubungan yang harmonis antara kedua negara,” ujar Danseskoal mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan ini, ke-10 para perwakilan alumni Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 menyimak paparan dari staf Maritime Training and Doctrine Center (MTDC) Republik Singapore Navy (RSN) yang merupakan pusat pelatihan dan doktrin maritim yang didirikan untuk menghasilkan prajurit  RSN yang modern dan terampil guna disiapkan menjadi prajurit RSN dimasa mendatang. Dan mengetahui visi dan misi, kurikulum dan beberapa program pelatihan yang diselenggarakan oleh MTDC.

Selanjutnya paparan yang disampaikan Goh Keng Swee Command and Staff College (GKS CSC) mengenai peran GKS CSC sebagai salah satu lembaga pendidikan militer di Singapura. Diakhir dengan paparan dari S.Rajaratnam School of International Studies (RSIS).

Usai menerima paparan tersebut, para perwakilan alumni Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 melaksanakan diskusi, bertukar informasi sehingga dengan adanya peran aktif Seskoal tersebut dapat ditingkatkan dan menjadi bahan pertimbangan serta masukan untuk mewujudkan Seskoal sebagai Center Of Excellence On Naval and Maritime Science lebih komprehensif.

Turut hadir mendampingi Danseskoal dalam vicon tersebut adalah Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kapusoyu Seskoal Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo, S.H., Dosen Utama Strategi Kolonel Laut (P) Ganif Deswantoro, M.Si (Han) dan Dirjianmarnas Pusjianmar Seskoal Kolonel Marinir Dr. Agus Salim, S.H., M.Sc., P.S.C.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA