INSTITUT TRANSPORTASI DAN LOGISTIK TRISAKTI LEPAS 1046 WISUDAWAN


INSTITUT TRANSPORTASI DAN LOGISTIK TRISAKTI LEPAS 1046 WISUDAWAN
 
Bertempat di Aula Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, pada 15 Desember 2020 Sidang Senat ITL Trisakti melepas 1.046 Wisudawan Program Pasca Sarjana (S.2),Sarjana (S.1) dan Vokasi (D.III) Tahun Akademik 2019/2020. Pelepasan mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akademik tersebut digelar secara daring maupun luring dikarenakan pandemi COVID 19.

Wisuda ini dibuka dengan sambutan dari Kementrian Perhubungan, badan pembina dan ketua yayasan Trisakti dan juga dari lembaga layanan pendidikan tingi wilayah III.
 


Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc berpesan bahwa wisudawan adalah generasi muda yang dapat dibanggakan dan diharapkan mampu untuk membanggun bangsa menjadi lebih baik.

Bahwa kelulusan bukanlah akhir, tapi awal dari perjalanan yang akan dilewati para generasi muda penerus bangsa. Prosesi Wisuda Daring saat ini sama dengan Prosesi Luring pada tahun sebelumnya dan tidak mengurangi niat tulus ITL Trisakti untuk memberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan, paparnya.


Rektor ITL Trisakti, Dr. Tjuk Sukardiman menjelaskan, bahwa tema wisuda tahun ini adalah "ITL Trisakti siap membangun SDM generasi bangsa penggiat pembangunan transportasi dan logistik yang transformasional dan bereputasi global untuk Indonesia maju", dan jumlah Wisudawan hari ini, ITL Trisakti meluluskan 1.046 mahasiswa, dengan rincian sebagai berikut :
1.    Jenjang Pendidikan Pascasarjana ( S-2) Program Studi Magister Manajemen Transportasi, sebanyak 156
2.    Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Program Studi Manajemen sebanyak 792 orang terdiri dari  :  
a.    Kelas Internasional 24 orang.
b.    Konsentrasi Manajemen Transportasi Udara 305 orang.
c.    Konsentrasi Manajemen Transportasi Darat 63 orang.
d.    Konsentrasi Manajemen Transportasi Laut 214 orang.
e.    Konsentrasi Manajemen Logistik 176 orang
f.    Konsentrasi Manajemen Kereta Api 10 orang
3.    Jenjang Pendidikan Vokasi (D.III)  
a.    Program Pendidikan Manajemen Transportasi Udara 53 orang.
b.    Program Pendidikan Manajemen Transportasi Laut  17 orang.
c.    Program Pendidikan Manajemen Logistik dan Material 28 orang.

Pada wisuda kali ini yang memiliki prestasi akademik terbaik sesuai dengan No.Surat Keputusan ITL Trisakti No 430/L.12/SK/ITL/2020 yaitu :  
 
1.    Program Pendidikan Pascasarjana, Program Studi Manajemen Trasportasi
Yang kali ini diraih oleh dua orang lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif yang sama yaitu :
a.    Nama        :  Yaser Arafat
NIM        : 225016017
IPK        : 3,80
Predikat    : Dengan Pujian
 Dan  
b.    Nama        : Ajun Dwi Handayani  
NIM        : 225016027
IPK        : 3,80
Predikat    : Dengan Pujian  
2.    Program Pendidikan Sarjana, Program Studi Manajemen
a.    Kelas Internasional Konsentrasi Manajemen Transportasi Laut
Nama     : JESICHA DAME MARSAULINA FEBRYANI
NIM          : 224316063
IPK                : 3,96
Predikat     : DENGAN PUJIAN
b.    Konsentrasi Manajemen Transportasi Udara
Nama    : FARHAN DARMAWAN  
NIM        : 224116323
IPK        : 3,99
Predikat    : DENGAN PUJIAN
c.  Konsentrasi Manajemen Transportasi Darat.
Nama    : RIFAI KUKUH WIDIYANTO
NIM        : 224216080
IPK        : 3,98
Predikat    : Dengan Pujian
Sdra. RIFAI KUKUH WIDIYANTO adalah salah seorang mahasiswa Penerima Beasiswa Penuh di ITL Trisakti.
 
d.    Konsentrasi Manajemen Transportasi Laut
Nama     : DARIN TANIA  
NIM        : 224316081  
IPK        : 3,94
Predikat    : Dengan Pujian
e.    Konsentrasi Manajemen Logistik Juga kali ini diraih oleh dua orang lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif yang sama yaitu :
Nama    : DENIS HAGAI SEPTIAN  
    NIM    : 224416041
  IPK        : 3,95
 Predikat    : Dengan Pujian
 Dan
Nama    : WAHYU SEPTIOWATI
NIM        : 224416159
IPK        : 3,95
Predikat    : Dengan Pujian
f.        Konsentrasi Manajemen Kereta Api
Nama     : CLARA DESYA PUTRI RIDWAN
NIM        : 180505023003
IPK        : 3,55
Predikat    : Sangat Memuaskan
3.    Program Pendidikan Vokasi ( D.III )  
a.    Program Studi Manajemen Transportasi Udara
Nama      : CANTIKA TRIWIWING MAYLOFDA  
NIM        : 170301001008
IPK        : 3,97
Predikat    : Dengan Pujian.
 
b.    Program Studi Manajemen Transportasi Laut
Nama      : AUDRIAN NUR ANNISA  
NIM        : 170303001001
IPK        : 3,78
Predikat    : Dengan Pujian
c.    Program Studi Manajemen Logistik dan Material
Nama      : DESTIA EKA PRATIWI
NIM        : 170304001001  
IPK        : 3, 97
Predikat    : Dengan Pujian
Hadirin dan Wisudawan / wisudawati yang saya mulyakan
Kepada wisudawan/wisudawati yang memperoleh "Prestasi Terbaik", Pimpinan ITL Trisakti menyampaikan penghargaan yang setinggi - tingginya atas prestasi tersebut. Semoga semangat berprestasi ini tetap dilanjutkan dan ditingkatkan pada masa mendatang. Predikat tersebut adalah menjadi tanggung jawab secara professional dengan menjunjung nilai - nilai kebenaran dan tanggung jawab sosial.
 
Beasiswa ITL Trisakti sebanyak 541 mahasiswa.  
 
Beasiswa dari Pemerintah (DIKTI) sebanyak 197 mahasiswa.
 
ITL Trisakti telah melakukan kegiatan MBKM ( Merdeka Belajar Kampus Merdeka ) dengan beberapa Peguruan Tinggi di dalam negeri yang terkemuka, dan mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
 
Meskipun pada prosesi wisuda hari ini kita tidak bertatap muka secara langsung, semoga tidak mengurangi niat tulus kami untuk memberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan.
 
Dalam kesempatan khusus ini atas nama pribadi, Pimpinan, Civitas Akademika dan Karyawan ITL Trisakti dengan penuh bangga pada hari ini kami persembahkan lulusan ITL Trisakti Tahun Akademik 2019/2020.
 
Pada kesempatan yang berbahagia ini diantara seluruh wisudawan/wisudawati yang akan dilantik terdapat wisudawan/wisudawati ITL Trisakti lulusan terbaik Tahun Akademik 2019/2020, yang memiliki kriteria akademik terbaik pada masing - masing program dengan IPK tertinggi dan prestasi terbaik yang dapat terlihat pada nilai - nilai kompentensi yang harus seimbang diantara : kemampuan pengetahuan (knowledge, science), ketrampilan teknis (skill) dan sikap perilaku (attitude) sebagai poin dalam kemudahan memperoleh kerja.
 
Kerjasama Berbagai upaya telah dilakukan ITL Trisakti guna memastikan bahwa kegiatan kerjasama dapat mendukung tujuan ITL Trisakti menjadi world class university, yang diwujudkan melalui kerjasama dengan institusi dalam maupun luar negeri. Saat ini Institut Transportasi dan Logistik Trisakti sudah memiliki 45 mitra kerjasama dalam negeri dan 23 Mitra Kerjasama Luar Negeri  
Adapun kerjasama yang telah terealisasi antara lain:  
1.    Reciprocal Program pertukaran pelajar 20 mahasiswa dan ITL Trisakti ke Burapha University International College (BUUIC).
2.    Credit Transfer 21 mahasiswa ITL Trisakti ke Universitas Kuala Lumpur, Malaysia secara in bound dan out bound
3.    Joint Degree Program antara ITL Trisakti dan mahasiswa WuXi Institute of Technology China.
4.    Institut Transportasi dan Logistik Trisakti menjadi Authorized Training Program IATA dan telah memberikan training kepada lebih dari 50 mahasiswa dan dosen.
5.    Kursus Bahasa Korea untuk mahasiswa/i, dosen maupun staff ITL Trisakti atas hasil kerjasama ITL dan Dong A University, South Korea.  
6.    Institut Transportasi dan Logistik Trisakti menjadi Authorized Training Program IATA dan telah memberikan training kepada lebih dari 50 mahasiswa dan dosen.  
7.    Student Exchange Program 3 mahasiswa ITL Trisakti mengikut program pertukaran pelajar ke Ural State University of Railway Transport, Russia
8.    Staff Exchange Program , 3 dosen ITL Trisakti menjadi pengajar di Ural State University of Railway Transport, Russia
 
Penelitian  
Para dosen ITL Trisakti juga melakukan penelitian PKM ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) dan Melaunching perdana Jurnal Tehnik Transportasi.  
Manajemen, Staf dan Sivitas Akademika Institut Transportasi dan Logistik (ITL) berkomitmen mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu (Quality Assurance) berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi dengan menerapkan Transformasional Leadership and Management (TLM) 97531, secara konsisten, berkesinambungan dan berkelanjutan.
Sebagai komitmen Perguruan Tinggi dalam mengembangkan Institusi maka Perguruan Tinggi mengirimkan 24 dosen untuk melakukan Studi pada Program Doktor di beberapa kampus terkemuka dalam Negeri ( UI, Unpad, Unsoed, UPI, ITS, Usakti, Binus ) dan Luar Negeri (UiTM)
a.    Dua orang dosen telah lulus program Beasiswa Doktor dan meraih gelar Doktor di bidang Manajemen.  
b.    Dosen ITL Trisakti juga mendapatkan pelatihan dan sertifikasi untuk menambah wawasan dan keilmuan di bidang Transportasi dan Logistik.
Sistem Informasi atau aplikasi online makin menjadi tulang punggung, sehingga kegiatan belajar mengajar secara online dan bekerja secara online bisa tetap dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi COVID-19, dan seluruh kegiatan perkuliahan maupun administrasi dilakukan secara online menggunakan sistem Siakad, LMS, Sistem Keuangan Online, dll.  
Hadirin yang saya muliakan
    Pada kesempatan yang khusus ini, kami atas nama civitas akademika dan keluarga besar ITL Trisakti mengucapkan selamat, atas keberhasilan saudara /saudari dalam menyelesaikan studi, pencapaian gelar akademik yang saudara/saudari raih adalah bukan berhenti dari pembelajaran tapi merupakan tanggung jawab moral yang bersifat holistik dan multidimensional. Kehidupan dunia nyata tidak hanya berbekal nilai mata kuliah namun ketrampilan hidup (value dan soft skill) yang hanya didapatkan dari pengembangan diri dalam bidang non akademis dan ilmu yang saudara – saudari peroleh merupakan investasi yang paling menguntungkan bagi pemiliknya.
 
Secara khusus kami mengucapkan selamat kepada orang tua/wali beserta keluarga, atas kesuksesan ini, jerih payah dan pengorbanan yang menyertai para wisudawan – wisudawati dengan penuh ketekunan, perhatian, kesabaran dan pengorbanan sehingga putera - puteri Bapak/Ibu berhasil pada hari ini secara resmi menjadi alumni ITL Trisakti.

Atasnama pimpinan kami mengucapkan terima kasih tak terhingga, kami sampaikan kepada dosen, Staff ITL Trisakti yang berhasil menghantar wisudawan/wisudawati mencapai studinya, keberhasilan merupakan anugerah tersendiri yang patut untuk disyukuri dan selain itu, kelulusan ini adalah sebagai langkah awal memasuki medan perjuangan yang baru akan dimulai, untuk itu saudara - saudari wisudawan/wisudawati bahwa prosesi wisuda ini bukanlah berarti akhir dari masa belajar, justru adalah starting point untuk menghadapi medan belajar yang sesungguhnya. Tantangan lebih berat menunggu yaitu bagaimana saudara - saudari dapat mengaplikasikan ilmu dengan kemampuan yang riil dan bermanfaat dalam kiprah kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu para wisudawan/wisudawati dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif bukan hanya mencari posisi di lapangan kerja yang tersedia tetapi juga membangun usaha mandiri sebagai enterpreneur atau meniti karier mandiri. Keharuman sebuah Perguruan Tinggi akan terlihat dari kontribusi hasil karya civitas  akademika dalam masyarakat.
 
Pada Wisudawan / Wisudawati, akhirnya pada kesempatan yang khusus ini, sekali lagi saya sampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan / wisudawati yang akan terjun untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang pada akhirnya akan dapat mengharumkan nama baik ITL Trisakti.
 
Ucapan terima kasih yang setulus - tulusnya tidak lupa kami sampaikan kepada Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Khususnya Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  atau LLDIKTI  Wilayah III beserta staf, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Pimpinan Industri Transportasi dan Logistik dan Pimpinan Dewan Pengurus Yayasan Trisakti dan kepada berbagai Instansi dan Institusi yang telah bermitra dengan ITL Trisakti, dalam kesempatan ini, atas nama manajemen saya sampaikan penghargaan dan terima kasih atas segala masukan saran dan bantuan kepada ITL Trisakti.
 
Semoga kerjasama ini dapat terus berlangsung dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua. Ucapan terima kasih secara khusus saya sampaikan kepada Panitia Wisuda dan semua pihak yang telah memberikan bantuan moril maupun materil sehingga prosesi wisuda lulusan ITL Trisakti pada hari ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Pada akhirnya, marilah kita panjatkan doa puji dan syukur  Hadhirat Alloh SWT atas karunia dan keberhasilah serta kebahagiaan yang kita nikmati pada hari ini. Tiada keberhasilan yang hakiki tanpa ridha-NYA, semoga Alloh SWT memberikan yang terbaik bagi kita semua. Amin, ungkap Dr. Tjuk Sukardiman.

 


Ketua Dewan Pembina Yayasa Trisakti Dr Hary Tjhan Silalahi dalam sambutannya secara Daring mengaku mengapresiasi seluruh Pimpinan, Dosen dan Karyawan ITL Trisakti yang telah menghantarkan mahasiswa hingga Selesai studi dan siap mengabdikan diri ketengah masyarakat, Yayasan Trisakti juga mengucapkan terimakasih kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 3 Jakarta, yang selama ini selalu memberikan dukungan pada perkembangan Kami.

Yayasan Trisakti beserta ketua umumnya dan segenap civitas akademika dan saya ucapkan selamat, kita bersyukur dan gembira karena ITL Trisakti dapat memperlihatkan lagi kemajuan dan usahanya, sekarang telah berkembang suatu prestasi dari kerja keras bapak/Ibu semua dan pimpinan yayasan dan kawan-kawan yang telah menaikkan kedudukan formal, kalau dulu lembaga transport itu bagaimana menjawab penyediaan SDM Transportasi dan logistik, dengan kecepatan yang dibutuhkan, sehingga teknik mencapai capaian dalam kesempatan ini dilakukan dengan efisien, dan apa yang diajukan adalah merupakan keterampilan dan Secara intelektualitas, tetapi sekarang setelah menjadi suatu tekat, maka tugasnya juga menjadi suatu pengembangan intelektual, pemikiran, perencanaan dan semua anggota civitas, baik yang masih belajar maupun yang sekarang ini diwisuda, maupun para pengasuhnya.

Untuk itu kami berterima kasih dan penghargaan, saya dalam kesempatan ini memberi kesan mereka yang akan keluar dari sini untuk mengembangkan ilmunya, pinta Dr Harry Tjan Silalahi.



Ketua Umum Yayasan Trisakti Dr. Bimo Prakoso juga menegaskan, Yayasan Trisakti Mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya, Dimana para Pimpinan, Dosen dan Karyawan ITL Trisakti telah melakukan apa yang Kihajar Dewantoro ajarkan, dalam mendidik mahasiswa-mahasiswanya, dengan Asih, Asuh dan Asah, yaitu nomor satu mengasihi dulu, nomor dua di Asuh, ini memerlukan kerja keras dan kesabaran para dosen semuanya, ke tiga diasah yaitu di pinterkan, makanya tadi saya sampaikan, perlu kerjasama dengan mana-mana saja, supaya kita nggak ketinggalan dengan orang luar, ini hebat sekali, dimana sekarang Indonesia ini teknologi baru seperti kereta cepat, kita yang pertama, bagaimana membuat terowongan, Bagaimana memasang glider nya kita harus belajar. dan ini sudah ada lulusan 10 orang, ini hebat, nanti juga akhirnya lebih baik karena sudah mengeluarkan lulusan.

Kepada Bapak Ibu orang tua wisudawan saya terima kasih sekali, bapak/ibu sudah menyerahkan anaknya menimba ilmu disini, ini memang sekolah yang paling tepat dari zaman dulu, SDM yang kita luluskan banyak sekali dibutuhkan, bukan saja di Indonesia, namun juga di dunia, kalau kita menguasai jalur ini kereta cepat, nanti orang lain belajar sama kita.

Bino Prakoso kepada wisudawan berpesan jangan ikut narkoba, jangan coba-coba Narkoba, karena begitu Kena Narkoba akan bubar dan sia-sia ilmu yang dimiliki.

Terus gotong - royong dan tolong menolong, Walaupun kecil tapi enggak apa-apa tolong tolong jangan di biarkan orang lain sengsara, kita harus saling bantu, pintanya. (RED)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA