SAAT TINJAU KETAHANAN PANGAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA, PANGLIMA KOLINLAMIL MENABUR BENIH IKAN

SA


AT TINJAU KETAHANAN PANGAN SATLINLAMIL 2 SURABAYA,
PANGLIMA KOLINLAMIL MENABUR BENIH IKAN  
Jakarta, 9 Desember 2020 ------  Satya Wira Jala Dharma. Usai menyampaikan entry briefing, Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla melakukan peninjauan terhadap program ketahanan pangan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya,  Selasa (8/12) di area Mako Satlinlamil 2 Surabaya.
Program ketahanan pangan Prajurit yang melakukan budidaya tanam sayuran, pohon berbuah dan rempah-rempah di area lahan tidur seluas 300 meter di belakang Markas Satlinlamil 2 Surabaya. Lahan yang kurang efektif tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan Ecofarming (budidaya pertanian yang mengusahakan tercapainya keharmonisan dengan lingkungan) dan kolam ikan serta udang.
Dalam peninjauan tersebut, Panglima Kolinlamil didampingi Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar yang juga menjelaskan program-program ketahanan pangan Satlinlamil 2 Surabaya. Selain itu Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil beserta Ketua gabungan 2 Satlinlamil 2 Surabaya dan para pengurusnya ikut dalam peninjauan tersebut.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil melakukan penaburan benih ikan lele dan nila sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang dilaksanakan para prajurit Satlinlamil 2 Surabaya.
Tak hanya tanaman sayuran, pada area lahan tersebut, juga dibuat kolam untuk menabuh benih ikan. Tujuannya agar hasil dari kolam dapat meningkatkan gizi keluarga. Untuk itu, Komandan Satlinlamil Surabaya pun berharap agar pasukannya dapat terus konsisten melaksanakan aksi ini sebaik-baiknya. Ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian pimpinan terhadap kesejahteraan anggotanya.
"Dengan membuat kolam ikan dan udang serta lahan siap tanam dengan menanam berbagai tanaman sayur mayur, pohon berbuah dan rempah-rempah, Kita manfaatkan lahan di area Mako yang berpotensi sebagai salah satu cara untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan prajurit" jelas Komandan saat mendampingi Panglima Kolinlamil.
Selain itu kegiatan ini juga merupakan sosialisasi yang telah diperintahkan oleh pimpinan TNI AL. Satlinlamil 2 Surabaya telah mengelola lahan tidur tersebut sejak bulan Februari lalu, sehingga kini telah dapat menikmati hasilnya berupa panen sayura-sayuran, panen udang dan ikan.
Dalam kesempatan tersebut, para prajurit memamerkan hasil panen kepada Panglima Kolinlamil. Tampak mereka begitu bersemangat mengambil alat jaring untuk ikan-ikan dikolam yang siap panen.
Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla mengatakan kegiatan pemanfaatan lahan tidur yang dilakukan di lahan tidur Marunda (Mako Kolinlamil) dan Markas Satlinlamil 2 Surabaya sekaligus sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara TNI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Prajurit pun mengimplementasikannya dengan memanfaatkan lahan tidur yang kurang produktif tersebut.(Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA