TINGKATKAN KETRAMPILAN PUSTAKAWAN, DISJARAHAL LAKSANAKAN PELATIHAN DASAR PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

T


INGKATKAN KETRAMPILAN PUSTAKAWAN, DISJARAHAL LAKSANAKAN PELATIHAN DASAR PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

Jakarta, 15 Desember 2020 – Dinas Sejarah Angkatan Laut (Disjarahal) dibawah pimpinan Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal), Laksamana Pertama TNI Supardi, S.E., M.B.A., CHMRP., melaksanakan pelatihan dasar pengelolaan perpustakaan dalam rangka meningkatkan ketrampilan para pengawak perpustakaan bertempat, di Disjarahal, Jakarta Timur, beberapa hari lalu.

Kegiatan yang diikuti segenap personel Disjarahal ini dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2020 dan menghadirkan pemateri Plt. Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum/Khusus, Perpustakaan Nasional RI Suwardi, S.Pd., M.Pd., membahas tentang pengenalan aplikasi digitalisasi Perpustakaan Nasional inlislite, input data katalogisasi bahan pustaka, standar integrasi perpustakaan secara online,  pengelolaan perpustakaan, dan klasifikasi menurut standar DDC (Decimal Dewey Classification).

Dalam pelatihannya Bapak Suwardi sebagai purtakawan madya yang sudah puluhan tahun berkecimpung di Perpusnas menjelaskan kepada para peserta pelatihan bahwa pengelolaan perpustakan sebenarnya sangat rumit dan perlu pemahaman pengetahuan yang mendalam sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun demikian, pelatihan singkat ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan membuka wawasan tentang pengelolaan bahan pustaka kepada para peserta yang akan mengawaki dan mengelola perpustakaan khusus di Disjarahal.

Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal), Laksamana Pertama TNI Supardi, S.E., M.B.A., CHMRP., yang diwakili Sekretaris Dinas Sejarah Angkatan Laut (Sekdisjarahal), Kolonel Laut (KH) Drs. Syarif Thoyib, M.Si., dalam penutupan pelatihan mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pemateri dan para peserta latihan sehingga latihan berjalan dengan lancar. "Harapannya meskipun latihan ini sangat singkat tetapi bisa membekali para peserta agar bisa mengelola perpustakaan, selain itu saya berharap kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan pihak Perpusnas di masa-masa mendatang", tegasnya.

Pada akhir pelatihan  Sekdisjarahal atas nama Kadisjarahal menyerahkan piagam penghargaan kepada pemateri atas partisipasi, dukungan serta kerjasamanya dalam pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini sejalan dengan sembilan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni  membangun Sumber Daya Manusia (SDM) pustakawan yang unggul khususnya dalam mengawaki dan mengelola perpustakaan.

Demikian berita Dinas Sejarah Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA