PANGLIMA KOLINLAMIL INSTRUKSIKAN JAJARANNYA MENYUSUN RENLIBAT ATASI KONTIJENSI

P

ANGLIMA KOLINLAMIL INSTRUKSIKAN JAJARANNYA 
MENYUSUN RENLIBAT ATASI KONTIJENSI 
Jakarta, 27 Januari 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma.   Jajaran Komando Lintas Laut Militer melaksanakan rapat kelompok kerja penyusunan rencana pelibatan Kolinlamil dalam mengatasi Kontinjensi Kotama Operasi TNI tahun 2022 yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/1).
Dalam rapat yang dihadiri seluruh pejabat utama Kolinlamil dan para perwira dengan agenda penyampaian arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH, CHRMP, M.Tr (Opsla) tentang petunjuk untuk menyusun rencana pelibatan Kolinlamil dalam mengatasi kontijensi.
Kontijensi merupakan suatu kondisi, situasi atau peristiwa yang dapat menyebabkan kerawanan sehingga menimbulkan krisis yang mempengaruhi terhadap tata kehidupan atau tata hubungan masyarakat yang terdiri atas ancaman bersenjata dan ancaman non militer. 
“Kontijensi harus diantisipasi dengan melibatkan seluruh Kotama operasi TNI sesuai dengan perintah Panglima TNI. Karena sangat mungkin terjadi dimasa depan. Ancamannya bisa bersenjata ataupun ancaman non militer” ujar Panglima Kolinlamil.
Sedangkan rencana pelibatan (renlibat) merupakan suatu dokumen pendukung yang disusun oleh kotama operasi TNI terpusat sebagai pedoman pelibatan atau perbantuan satuannya kepada kekuatan kewilayahan dan merupakan bagian sub lampiran rencana operasi (RO). Selain juga sub lampiran rencana pelibatan pada dokumen rencana tindakan kontijensi yang disusun kotamaops TNI kewilayahan.
Panglima Kolinlamil juga menekankan perlunya kerjasama dan koordinasi dengan satuan/instansi lain dalam menyusun renlibat kontijensi ini, agar menghasilkan rencana pelibatan Kolinlamil dalam menghadapi kontijensi tahun 2022 yang komprehensif, terencana, selaras, konsisten, terpadu dan dapat dioperasionalkan dalam mengatasi kontijensi sesuai dengan permintaan dari Kotamaops TNI sebagai kekuatan kewilayahan meliputi Kogabwilhan I, II dan III.
Dalam kesempatan tersebut, Orang nomor satu di Kolinlamil ini juga menyampaikan rencana pelibatan unsur-unsur Kolinlamil dalam mendukung berbagai Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
Sesuai dengan fungsi dan tugasnya, Kolinlamil melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia.
Kegiatan lintas laut oleh unsur-unsur Kolinlamil maupun unsur-unsur yang di-Bawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil dapat pada saat damai maupun masa perang. Pergeseran pasukan maupun logistik dapat dilakukan dari suatu Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Umum, Pantai ke Pangkalan Angkatan Laut atau ke Pelabuhan Umum dan pantai lainnya.
Kolinlamil memiliki Kapal/KRI dari berbagai jenis, antara lain: Angkut Tank (AT), Bantu Umum (BU), Bantu Angkut Personel (BAP) dan jenis Landing Platform Dock (LPD) untuk mendukung berbagai operasi sesuai dengan perintah Panglima TNI. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA