Audiensi dan Silaturahmi Pengurus AKHKI – Pejabat DJKI: Tegaskan Kinerja & Evaluasi Profesi Konsultan HKI


Audiensi dan Silaturahmi Pengurus AKHKI – Pejabat DJKI: Tegaskan Kinerja & Evaluasi Profesi Konsultan HKI

Realisasi Courtesy Meeting berupa Audiensi dan Silahturahmi Pengurus baru Perkumpulan AKHKI (Asosiasi Konsultan HKI Indonesia), Periode 2020-2024, dengan tetap dilaksanakan protokol kesehatan ketat diantaranya swab antigen, akhir-nya dapat dilangsungkan pada "Selasa" Tanggal "2 Maret 2021," dengan jajaran pimpinan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual di kantor DJKI.

Pengurus AKHKI: Dr. Suyud Margono (Ketua Umum), Olga K. Santoso (Sekjen), Dr. Justisiari P. Kusumah (Dewan Penasehat),  Dwi Anita Daruherdani (Wakil Ketua Harian), Riyo H. Prasetyo (Wasekjen),  Maulitta Pramulasari (Bendahara) dan Nidya Kalangie (Ketua Hubungan Pemerintahan).


Pimpinan DJKI, Bapak Dr. Freddy Harris (Dirjen KI Kemenkum HAM RI), Bapak Daulat Silitonga (Direktur Kerjasama & Pemberdayaan KI), Bapak Sucipto (Direktur Teknologi Informasi, DJKI), dan Bapak Handi Nugraha (KaSub. Kerjasama Dalam Negeri, DJKI).

Pertemuan ini  tidak hanya silaturahmi  antara DJKI dengan AKHKI sebagai Organisasi Profesi Konsultan KI  melainkan juga rekognisi dari DJKI terhadap organisasi profesi dalam bentuk wadah tunggal  dan aturan main (rule of the game) dalam menjalankan profesi Konsultan HKI yang ditegaskan dalam (code of conduct), untuk dipatuhi demikian disampaikan Dirjen KI  Dr. Freedy Harris.

Dirjen KI Dr. Freddy Harris, mengucapkan selamat atas kepengurusan Perkumpulan AKHKI (periode 2020-2024), semoga dapat melaksanakan amanah dalam wujud program dan kegiatan yang diselenggarakan memberikan kemanfaatan tidak saja bagi profesi/ anggota termasuk juga bagi  pemilik KI serta masyarakat umumnya.

Sementara Dr. Suyud Margono, sebagai Ketum AKHKI,  mengawali denngan komposisi kepengurusan dari angkatan senior dan paling yunior (dilantik sebagai Konsultan HKI pada Tahun 2020).  Dalam Struktur Organisasi disebutkan adanya Perangkat Organisasi, termasuk Komisiariat Daerah dalam rangka pengembangan AKHKI kedepan.


Seiring dengan kegiatan dan pelaksanaan profesi Konsultan HKI, Dr. Suyud  mengatakan diharapkan ada review profesi Konsultan berupa evaluasi dalam rangka standar mutu dan kapabilitas profesi Konsutan KI dalam bentuk Satuan Kredit Profesi, termasuk  diantaranya memberlakukan Pendidilan Lanjutan sebagaimana amanat PP (Peraturan Pemerintah) tentang Konsultan HKI.
Dr. Suyud juga menyampaikan, approach dalam melakukan perekrutan, bahwa Kami akan mengakui semua Konsultan KI adalah anggota AKHKI, krn AKHKI milik seluruh Konsultan KI. AKHKI secara kelembagaan juga akan dimanage dengan IT support  system termasuk status membership dan keaktifan Konsultan HKI.

Dr. Freddy Harris, mengatakan pentingnya continuing education program bagi Profesi Konsultan KI, kedepan perlu standard khusus untuk dapat disebut dengan Kualifikasi Patent Attorneys, yang butuh kemampuan dan kecakapan teknis  dalam patent drafting dan patent specification  tidak saja bidang HKI secara umum.  

Harapan Dr. Freddy Harris selaku Dirjen KI agar segera direalisasikan program untuk kerjasama yang langsung dapat diwujudkan bentuk kerjasama yang momentumnya ditandatanggani pada Hari Kekayaan Intelektual Dunia  pada 26 April 2021dan realisasi mulai dalam Tahun 2021 ini, pungkasnya. (red)




0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA