Bambang Sulistomo : Pantun Seorang guru menyentuh cita rasa pendidikan bangsa


Bambang Sulistomo : Pantun Seorang guru menyentuh cita rasa pendidikan bangsa

Jakarta, Di acara Peluncuran buku Pantun Nasihat yang berisikan 12.000 puisi dari 1254 penulis pantun yang tersebar di seluruh Indonesia dan negara Asean (Malaysia, Brunei dan Singapura.

Acara ini juga ada pemberian Anugerah kepada para pemenang serta nominasi  bagi para penulis  Pantun Nasihat 1000 guru Asean serta pemberian rekor dunia MURI pada Buku Kumpulan Pantun Nasihat Di auditorium perpustakaan nasional 10 maret 2021,

Bambang Sulistomo ketua Umum IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) turut hadir dan membacakan beberapa pantun.


Bambang Sulistomo menuturkan, "Saya sangat bangga bediri disini , dihadapan para guru dan para dosen dari seluruh indonesia. saya ucapkan trimakasih kepada panitia juga bang Asrizal Nur ketua PERRUAS (Perkumpulan Rumah Seni Asnur) dan penggagas acara ini sehingga saya berada di acara yang penuh tuntunan ini ".

"Ini adaalah cita rasa budaya yang memang langka. Kalau pantun hanya dikarang oleh 4 atau 5 orang saja itu biasa. Tapi ini seribu lebih pengarang pantun yang menghasilkan 12.000 karya pantun dan dibukukan. Bayangkan orang sebanyak itu mengarang pantun dan itu karya karya dari ribuan guru. Sekali lagi ini peristiwa langka. Dan patut mendapatkan penghargaan. Unesco saja menghargai.

" Seharusnya masyarakat Indonesia lebih menghargai. Penghargaan bukan hanya dari rekor MURI saja. Tetapi harus dari bangsa sendiri.  Pantun hasil dari kalangan guru itu lebih menyentuh ke cita rasa pendidikan bangsa.

Yang tentu saja akan membentuk karakter identitas Indonesia......

" Anehnya, beberapa generasi muda sekarang ini tidak tertarik dengan dengan yang namanya pantun. Mereka lebih suka dengan hal hal yang tidak terlihat serius. Bahkan menghindari. Lihat saja di dunia medsos. Mereka lebih terkenan dengan apa yang namanya rekreasi. Rekreasi tulisan, ungkapan/gerak serta ucapan dalam bentuk visual. Rekreasi yang humoris ". Demikian pungkas mas Bambang.


Acara ini dihadiri oleh 40 perwakilan dari seluruh indonesia.Kepala dinas pendidikan Dan Kebudayaan DKI Jakarta . 


Bambang Sulistomo, anak pejuang, Ketua Umum IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia )  Dr Ashari direktur eksekutif GERBANG BETAWI Perwalilan  Dari MURI Wakil ketua BPK. Ketua LBK  Bekky Mardani. Pantu nasihat Bambang Sulistomo Suara takbir bertalu talu Suara orator semangat perang ,Bila kita bersatu selalu Tidak mudah orang menyerang.


Wabah covid menyerang negri

Wajah menggelepar menjaga nyawa,

Tidak satupun menyerah karena ngeri,

Semangat kepahlawanan mengharukan jiwa.


Pohon besar tumbuh kokoh

Bila akarnya kuat mengakar.

Semangat pahlawan menjadi contoh

Jika menjadi bangsa yang besar....

(Das)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA