Dr. E Nuruddin : Perlunya Peningkatan Pendidikan Nilai-nilai Pancasila Di Perguruan Tinggi Agama Islam



 Dr. E Nuruddin : Perlunya Peningkatan Pendidikan Nilai-nilai Pancasila Di Perguruan Tinggi Agama Islam

Pancasila merupakan Dasar Negara yang dikehendaki atau seharusnya menjadi norma-norma bagi sikap dan tingkah laku bangsa Indonesia dalam bernegara dan bermasyarakat. Norma Pancasila merupakan norma-norma yang lahir dari hasil pengumpulan dan perumusan dalam pikiran yang esensial yang terdapat di masyarakat bangsa Indonesia. Sehingga terbentuklah lima butir nilai luhur, lima butir nilai luhur tersebut kemudian disusun dan disepakati bersama menjadi dasar negara dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kondisi bangsa saat ini mencerminkan bahwa Pancasila dirasakan belum kita rasakan secara langsung. segala perpecahan dan konflik yang terjadi sungguh tidak mencerminkan jati diri bangsa. Peta perpolitikan dan budaya di Indonesia akhir-akhir ini sangat marak diwarnai dengan isu konflik, etnis dan juga bahaya disintegrasi yang mulai pelan-pelan merambah ke seluruh wilayah Indonesia.

Akhir-akhir ini berbagai konflik tidak lagi bersifat konflik pribadi, namun sudah merambah ke antar etnis, agama, ras dan golongan. Ditambah lagi dengan tidak sedikitnya calon eksekutif atau legislatif yang memanfaatkan hal ini sebagai jalan untuk merebut hati masyarakat, yang sebenarnya efeknya bisa berdampak lain.

Indonesia yang sangat plural di satu pihak dapat merupakan potensi yang sangat besar dalam pembangunan bangsa, namun di lain pihak juga merupakan sumber potensial bagi munculnya berbagai konflik yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

 

Hal tersebutlah yang membuat Dr. E Nurudin untuk menggali data-data dalam penelitiannya yang lebih mendalam, dengan studi analisis, konseptual Dan implementatif dalam metode penelitian tersebut. Dan akhirnya Sidang Senat menetapkan E Nurudin berhak meraih gelar Doktor Pendidikan Agama Islam, dari Universitas Islam Jakarta, sebagai Doktor PAI yang ke 16.

Usai dikukuhkan sebagai Doktor PAI UID, Dr E Nurudin pada wartawan menegaskan, bahwa pihaknya juga meminta pada Pemerintah agar melakukan perubahan dalam Kurikulum Pendidikan, mulai dari Pendidikan dasar, pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi, agar di lembaga pendidikan tersebut memasukkan “Mata pelajaran Pancasila”, serta tidak lagi dicampur dengan mata pelajaran PPKN, sehingga Pancasila bukan saja di pelajari, namun bisa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, harapnya.

Disela Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Jakarta, Rektor UID, Prof. Dr. Ir. H Raihan. MSi, pada wartawan mengaku bersyukur, Universitas Islam Jakarta kembali meluluskan Dr. E Nurudin sebagai lulusan program S3 Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta ke 16, sehingga kedepan peran alumni lebih besar lagi dalam memberikan kontribusi peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam di Indonesia, serta Pendidikan Pesantren, harapya. (Nrl).




0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA