KOLINLAMIL IKUTI ASISTENSI PENYUSUNAN RENLIBAT KOTAMAOPS TNI TAHUN 2022


KOLINLAMIL IKUTI ASISTENSI PENYUSUNAN
RENLIBAT KOTAMAOPS TNI TAHUN 2022

Jakarta, 13 Maret 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma.  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti  rapat asistensi penyusunan renlibat Kotama Operasi TNI terpusat tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat (12/3).

Kolinlamil yang diwakili Asisten Operasi (Asops) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar dan Asisten Intelijen (Asintel) Kolonel Laut (P) Gunawan P. Handoko ini mengikuti kegiatan asistensi penyusunan rencana pelibatan kontijensi kotama – kotama operasi TNI secara terpusat.

Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI Ir.Tedi Rizalihadi, S.,M.M., memimpin rapat tentang penyusunan masukan-masukan dari kotama – kotama operasi TNI sesuai kemampuannya kepada kotama kewilayahan terpusat lainnya atau Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dalam menyusun rencana tindakan kontijensi (rentinkon).

Dalam kesempatan tersebut, diputuskan rapat koordinasi rencana tindakan kontijensi (rentikon) Wilayah Kogabwilhan I akan dilaksanakan di Batam pada 17-19 Maret, Wilayah Kogabwilhan II dan III di Bali pada 24-26 Maret mendatang.

Pada forum yang menghadirkan Kostrad dan Kopassus dari TNI AD, Pushidros, Korps Marinir dan Kolinlamil dari TNI AL serta Korpaskhas dari TNI AU juga menghasilkan kesepakatan bahwa penyempurnaan format renlibat pada petunjuk referensi penyusunan masih bisa dipertimbangkan untuk disempurnakan. Selain itu koordinasi dan tukar informasi tidak dalam forum resmi saja, forum resmi dijadikan untuk pembahasan final.

Rencana pelibatan (renlibat) merupakan suatu dokumen pendukung yang disusun oleh kotama operasi TNI terpusat sebagai pedoman pelibatan atau perbantuan satuannya kepada kekuatan kewilayahan dan merupakan bagian sub lampiran rencana operasi (RO).

Selain juga sub lampiran rencana pelibatan pada dokumen rencana tindakan kontijensi yang disusun kotamaops TNI kewilayahan.

Selanjutnya disampaikan bahwa dalam menghadapi kontinjensi, Kotamaops berkewajiban untuk menyusun suatu rencana tindakan kontinjensi, dalam bentuk suatu dokumen, yaitu dokumen rencana strategis jangka pendek Kotamaops, yang materinya berisi hal-hal yang terkait tentang analisa ancaman dan kontinjensi, strategi dan konsep rencana penggunaan kekuatan nyata yang ada pada Kotamaops untuk menghadapi kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi.
Disampaikan bahwa dalam menghadapi kontinjensi, Kotamaops berkewajiban untuk menyusun suatu rencana tindakan kontinjensi, dalam bentuk suatu dokumen.

"Asistensi penyusunan Renlibat Kotamaops ini sangatlah penting bagi Kolinlamil, untuk dapat dijadikan sebagai sumber atau bahan masukan dalam menyusun Rentinkon berkaitan dengan penyiapan kekuatan Kolinlamil," ujar Asops Pangkolinlamil.

Sementara itu disela-sela waktunya, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr opsla menekankan perlunya kerjasama dan koordinasi dengan satuan/instansi lain dalam menyusun renlibat kontijensi ini.

"Hal itu dimaksudkan agar menghasilkan rencana pelibatan Kolinlamil dalam menghadapi kontijensi tahun 2022 yang komprehensif, terencana, selaras, konsisten, terpadu dan dapat dioperasionalkan dalam mengatasi kontijensi sesuai dengan permintaan dari Kotamaops TNI sebagai kekuatan kewilayahan meliputi Kogabwilhan I, II dan III" tegas Pangkolinlamil 

Sebagai alat pertahanan negara yang diamanatkan oleh UU nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, peran dan tugas TNI diselenggarakan dalam operasi militer untuk perang dan selain perang, dimana penggunaan kekuatan TNI untuk melaksanakan tugas tersebut didasarkan pada kebijakan dan strategi yang disesuaikan dengan kondisi obyektif yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Asistensi penyusunan Rentinkon Kotamaops bertujuan untuk merencanakan penyelenggaraan pertahanan terpadu dalam menghadapi kontinjensi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan membuat rencana tindakan dalam menghadapi kontinjensi yang mungkin terjadi pada tahun 2022. (Dispen kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA