KOLINLAMIL IKUTI RAKOR PUSDALOPS TNI 2021


KOLINLAMIL IKUTI RAKOR PUSDALOPS TNI 2021

Jakarta, 20 Maret 2021 ------ Satya Wira Jala Dharma.  Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti Rapat Koordinasi Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) TNI Tahun 2021 yang berlangsung selama satu hari dari Ruang Vicon Puskodal, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, beberapa saat yg lalu. Kapuskodal Kolinlamil Letkol Laut (P) Ferry Anton mengikuti langsung Rakor Pusdalops TNI ini.

Rapat Koordinasi Pusat Pengendalian Operasi (Rakornis Pusdalops) TNI yang digelar secara virtual diikuti seluruh jajaran Puskodal TNI pusat maupun Kotama dari tiga matra yang dipimpin langsung Kepala Pusat Pengendalian Operasi TNI Brigjen TNI Ferry Supriyanto, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Kapuskodal TNI mengatakan bahwa tugas pokok Pusdalops TNI yaitu menyiapkan dukungan fasilitas komando dan pengendalian operasi TNI serta menyelenggarakan sistem informasi di lingkungan Mabes TNI. 

“Puskodal mempunyai peran yang sangat vital dan sentral dalam menentukan keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran tugas dalam organisasi. 

Selain itu peran Komando Utama Operasi (Kotamaops) selaku subjek atau motor penggerak dalam memberikan informasi menuntut kondisi personel yang profesional dan mampu menjabarkan tugas pokoknya dalam mewujudkan tujuan organisasi,” jelasnya.

Bagi personel Puskodal diwilayah perbatasan, untuk menyesuaikan dengan perkembangan situasi yang sangat tinggi diwilayah perbatasan dan pulau-pulau terkecil serta pulau terluar.

Kecepatan dalam menyampaikan perkembangan situasi yang ada diwilayah perbatasan penting sebagai data bagi pengambilan keputusan.

Sedangkan Puskodal Kotama operasi TNI, dengan perkembangan teknologi yang telah dimiliki masing-masing Kotama memanfaatkan untuk kecepatan proses pengiriman data dan peningkatan kinerja jajaran Puskodal.

“Sajikan data laporan secara update sehingga memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan” terangnya. 

Saat ini Indonesia menuju pada sistem pertahanan C4ISR (Command, Control, Communication, Computer, Intellegence, Surveilance, and Reconnaisance). Sistem ini sebuah sistem terintegrasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan peralatan penginderaan meliputi radar dan satelit, untuk memonitor kawasan darat, laut, maupun udara Indonesia. 

“Jajaran Puskodal juga harus cermat dan teliti dalam setiap menerima informasi melalui media sosial yang belum tentu kebenarannya (hoax)” tuturnya.

Dengan diselenggarakannya Rakor Pusdalops TNI akan tercipta kemampuan komando dan pengendalian terhadap satuan-satuan TNI yang sedang melaksanakan tugas di wilayah tanggung jawab masing-masing. 

Tingkatkan hubungan dan koordinasi dengan Puskodal Angkatan dan Kotama Ops TNI, serta dengan instansi lain untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rangka memberikan laporan informasi kepada Panglima TNI.(Dispen kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA