Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Penyambutan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Yonkes 2 Kostrad




Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Penyambutan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Yonkes 2 Kostrad

Jakarta. Setelah menjalani penugasaan sebagai Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) dalam melaksanakan misi kemanusiaan untuk membantu penanganan pasca gempa 6,2 magnitudo di Mamuju Sulawesi Barat selama kurang lebih dua bulan, prajurit Yonkes 2 Kostrad yang dipimpin langsung oleh Danyonkes 2 Kostrad Letkol Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp OT (K) Spine disambut dengan upacara purna tugas bertempat di Dermaga Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Selasa (16/3).

Upacara Penyambutan ini dipimpin langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han), Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdivif 2 Kostrad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas hasil pelaksanaan tugas dan pengabdian selama bertugas.

Dalam hal ini, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa telah memberikan arahan untuk membantu penanganan korban gempa dengan mendirikan rumah sakit lapangan yang dimiliki Satuan Yonkes 2 Kostrad di sekitar lokasi gempa  dengan fasilitas yang sangat memadai seperti Emergency Room, ICU Room, OT (Operating Theater) Room, CSSD Room, Laboratory Room, Imagery Room, Ward Female & Ward Male, Admin & Contulasion Room, Doter & Nuse Room serta Medical Store & Farmasi.

Tercatat Satgas Gulbencal Yonkes 2 Kostrad telah berhasil memberikan perawatan medis kepada total 2.789 pasien yang terbagi dalam  beberapa macam kasus, diantaranya pasien rawat inap sejumlah 91 pasien, pasien rawat jalan sejumlah 2.596 pasien dan pasien operasi sejumlah 102 pasien. Dari kesemuanya, tercatat 303 pasien penderita ISPA   yang   merupakan pasien dalam jumlah terbesar.

Pangdivif 2 Kostrad dalam amanatnya menyampaikan, jika keterlibatan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad dalam hal ini Satuan Yonkes 2 Kostrad ke Mamuju Sulawesi Barat merupakan wujud bakti TNI kepada rakyat, selain itu juga merupakan bentuk keseriusan TNI AD dalam membantu Pemerintah khususnya dalam hal penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

“Bapak Kasad ketika mengiringi pemberangkatan kalian juga menyampaikan beberapa pesan, bahwa beliau dan Angkatan Darat bangga terhadap rekan-rekan sekalian, tugas rekan-rekan sekalian bukan hanya tugas untuk Angkatan Darat, tapi tugas untuk saudara-saudara kita di Sulawesi Barat yang memang sangat membutuhkan,” ujarnya.

“Selamat kembali ke Satuan dan selamat bertemu kembali dengan keluarga, kalian berangkat dengan penuh kehormatan dan kembali dengan penuh kebanggaan. Semoga setiap tetesan keringat dan Dharma Bhakti yang telah kalian sumbangkan, diterima dan dicatat sebagai amal sholeh oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han). (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA