Wasev Guna Mengetahui Capaian Tujuan Serta Mengukur Kinerja Satuan


Wasev Guna Mengetahui Capaian Tujuan Serta Mengukur Kinerja Satuan

Wonogiri - Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi Penanggung Jawab Operasi (Wasev-PJO) Progam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Mayor Jenderal TNI Hendrasto Joko Saksono beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi TMMD Reg ke-110 Kodim 0728/Wonogiri di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Rabu (17/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ketua Tim dan rombongan menerima paparan dari Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi selaku Dansatgas. Paparan dilaksanakan di Pos Kout yaitu Makodim 0728/Wonogiri yang berjarak sekitar 30 km dari lokasi sasaran.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi pelaksanaan TMMD untuk mengetahui seluruh progres sasaran fisik maupun non fisik. Untuk sasaran fisik  ada 26 objek diantaranya adalah pembangunan jalan penghubung antara Dusun Gemawang (Jawa Tengah) menuju Dusun Tempel yang berada di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Jalan tersebut awalnya jalan setapak dan warga Brenggolo sebelumnya yang akan menuju Pakisbaru harus memutar sejauh 15 kilometer, begitupun sebaliknya. Namun dengan dibangunnya jalan tersebut warga nantinya sudah bisa melewati akses jalan yang cukup lebar sehingga bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

Sasaran fisik lainnya adalah pembuatan  drainase, gorong-gorong, talud, jembatan, poskamling dan cerucuk bamboo di beberapa titik. Semua ini bersumber dari pendanaan APBD Provinsi Jawa Tengah, APBD Daerah serta sumber dana lain atau swadaya masyarakat. Sejauh ini progress pengerjaan ada yang sudah mencapai 100 persen, namun ada juga yang masih diangka 70 persen. 

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. mengungkapkan bahwa pembangunan sasaran fisik ini tidak terlepas dari kendala teknis di lapangan. Namun demikian para prajurit bersama masyarakat dengan penuh semangat saling bahu membahu menyelesaikan pekerjaan karena program ini dibatasi waktu.  Salah satunya adalah faktor cuaca dimana pada siang hari terkadang hujan, berkabut, medan yang sulit dan akan menghambat droping material.

“Kegiatan pengawasan dan evaluasi oleh Komando Atas ini di lakukan guna mengetahui capaian tujuan, mengukur kinerja satuan TMMD dan melihat sejauh mana sinergitas lintas sektor yang terjalin di lapangan” tandasnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersbeut diantaranya Staf Ahli Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Kus Haryono, Pabandya -2/Bin Anev dan Data Staf Paban 1/Sterad Letkol Arm Budi Wahyono Kasrem 074/Warastratama Letkol Inf Ali Akhwan serta jajaran Forkopimda Wonogiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA