Alasan Ormas FPI Dilarang

*

Alasan Ormas FPI Dilarang

Pemerintah telah lama secara resmi membubarkan Front Pembela Islam (FPI) sebagai ormas dan melarang berkegiatan dan menggunakan simbol dan atribut FPI. Pembubaran tersebut dilakukan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Kepala Badan Iintelijen Negara, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Menyikapi hal tersebut, Wamenkumham, Eddy Omar Sharif Hiariej, mengatakan bahwa alasan Pemerintah membubarkan FPI antara lain karena isi Anggaran Dasar FPI yang bertentangan dengan perturan perundangan yang mengatur soal Ormas. Selain itu, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI di Kemendagri, juga telah habis masa berlakunya pada 20 Juni 2019.  

Alasan lain, bahwa pengurus dan anggota FPI ataupun yang pernah bergabung dengan FPI, kerap terlibat pidana bahkan aksi terorisme serta FPI kerap melakukan sweeping atau razia, padahal hal tersebut menjadi tugas dan wewenang aparat penegak hukum.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, mengatakan bahwa pembubaran FPI tak bisa dimaknai sebagai tindakan pemerintah yang anti terhadap Islam. Karena itu, masyarakat diminta tak merespons pembubaran FPI secara berlebihan.

"Masyarakat tidak perlu menyikapi dan bereaksi berlebihan. Yang dilakukan Pemerintah bukanlah tindakan anti-Islam. Tapi menegakkan hukum dan peraturan," Ujar Abdul Mu'ti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA