Sidang Pemeriksaan Saksi Rizieq Shihab Digelarl



Sidang Pemeriksaan Saksi Rizieq Shihab Digelarl

Perkembangan terbaru kasus kerumunan Rizieq Shihab (RS) terjadi pada saat Sidang pemeriksaan saksi yang digelar pada hari Senin (12/4), di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Soemarno, Jakarta Timur. 

Sidang tersebut menghadirkan beberapa saksi yang menjelaskan kronologis kejadian, mulai dari proses penutupan jalan saat pihak RS menggelar acara hingga kerugian Bandara Soetta saat kedatangan RS terungkap dalam sidang. Saksi-saksi yang dihadirkan diantaranya Senior Manager of Aviation Security Bandara Soetta Oka Setiawan serta Kapolres Jakpus Kombes Heru Novianto.

Dalam kesaksiannya, mantan Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, menjelaskan kronologi proses penutupan Jalan KS Tubun saat Rizieq Shihab (RS) menggelar pernikahan putrinya. Kombes Heru mengatakan bahwa pihak RS tiba-tiba memasang kursi hingga ujung jalan yang mengakibatkan akses jalan tidak bisa dilewati. Heru mengaku tidak tahu siapa yang menutup jalan itu, yang dia tahu hanya orang yang mengenakan baju putih-putih.

"Kami dapat anggota di lapangan yang menutup menggunakan baju putih-putih. Kita tidak bisa memastikan apakah itu dari ormas FPI atau tidak, tapi yang jelas mereka menggunakan baju putih-putih menutup dari ujung dekat sebelum pemakaman itu dinas pemakaman sampai di ujung di U-turn setelah rumah sakit," ujar Heru.

Sementara itu, Senior Manager of Aviation Security Bandara Soetta, Oka Setiawan dalam kesaksiannya mengatakan bahwa kerumunan pendukung RS di Bandara Soetta telah mengakibatkan kerugian materiil. Kerugian itu dikarenakan fasilitas bandara yang rusak akibat kerumunan massa. Di antaranya kerusakan terjadi pada kursi dan taman.

"Kemarin itu kurang-lebih sekitar Rp 16 juta," ujar Oka.

Lebih lanjut, Oka juga mengatakan bahwa kerumunan di bandara  Soetta telah terjadi sehari sebelum kedatangan RS. Massa yang datang saat itu jumlahnya ratusan ribu. Massa yang datang juga dari berbagai daerah, tidak hanya dari Jakarta saja.

"Jumlahnya memang cukup jauh ratusan ribu. Kita lihat dari jarak terminal 3 sekitar 800 meter itu penuh penjemput," kata Oka.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA