PRAJURIT KOLINLAMIL LATIHAN APLIKASI PENGENDALIAN OPERASI


PRAJURIT KOLINLAMIL LATIHAN APLIKASI PENGENDALIAN OPERASI

Jakarta, 24 Mei 2021 -------- Satya Wira Jala Dharma. Pusat Komando Dan Pengendalian (Puskodal) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar Latihan Operasi Matra Laut Command Control Center System triwulan II tahun 2021. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala  Pusat Komando Dan Pengendalian (Kapuskodal) Kolinlamil Letkol Laut (P) Fery Anton di Ruang Puskodal, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara Senin (24/5). 

Latihan ini digelar dalam rangka mengenalkan konsep implementasi teknologi informasi Dan Komunikasi dalam sistem pusat Komando Dan Pengendalian Operasi.

Latihan ini akan digelar selama kurang lebih 3 hari dengan melibatkan 30 personel dari 4 satuan yang terdiri dari personel Staf Operasi Denmako, Denmako, Satlinlamil 1 Dan Diskomlek.

Dalam pelaksanaan latihan tahun ini, mengingat masih dalam situasi covid 19, sehingga Latihan menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Kapuskodal saat membuka latihan mengatakan bahwa pengendalian Operasi dalam kerangka tugas pertahanan negara di laut, bertujuan untuk memdeteksi, mengawasi Dan mengamati situasi Operasi unsur-unsur KRI Kolinlamil melalui infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) TNI Angkatan Laut.

“Oleh karena itu, dalam Pengendalian operasi, disamping eksistensi infrastruktur sistem komputer dan jaringan komunikasi data, aplikasi dan tools yang ada, juga harus didukung oleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan personel pengawak dalam penyelenggaraan operasi siber”, ungkap Kapuskodal.

Aplikasi Command Control Center System (C3S) merupakan software sistem informasi perpaduan dari rangkaian kegiatan pendeteksian, pengamatan dan pengawasan wilayah perairan yurisdiksi nasional mulai unsur-unsur KRI yang melaksanakan operasi dan Ground Situation atau situasi satuan-satuan dibawahnya. 

Sistem informasi C3C sangat erat hubungannya dengan peralatan-peralatan deteksi dan sistem jaringan komunikasi utamanya komunikasi data.

"Tujuan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mengoperasikan aplikasi sistem pusat komando dan pengendalian atau Command Control Center System" ujar Kapuskodal Kolinlamil Letkol Laut (P) Ferry Anton.

Sedangkan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah disela-sela waktunya mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan serta profesionalisme prajurit dalam penguasaan Alutsista. 

"Untuk tercapainya tepat sasaran latihan, para prajurit yang mengikuti latihan untuk memaksimalkan kemampuan secara teknis maupun taktis" tegasnya.

Latihan yang digelar selama sepekan ini, dilaksanakan Secara teori Dan praktek, peserta Latihan langsung menjalankan sesuai dengan alut yang ada. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA