ITL Trisakti Gelar Webinar Pembangunan Sistem Transportasi Mendukung Smart City Di Ibukota Baru


ITL Trisakti Gelar Webinar Pembangunan Sistem Transportasi Mendukung Smart City Di Ibukota Baru

Pembangunan Ibukota Baru di Kalimantan, menjadi perhatian khusus Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti), dimana salah satunya adalah penataan transportasi terintegrasi antar muda atau smart city didalam pembangunan Ibukota Baru tersebut.


Dekan Fakultas System Transportasi ITL Trisakti, Dr. Denny Siahaan dalam sambutannya menegaskan, bahwa sesuai tema "Pembangunan Sistem Transportasi Mendukung Smart City Di Ibukota Baru", melalui webinar ini seluruh mahasiswa maupun dosen bisa mengetahui konsep penataan transportasi Ibukota baru tersebut, sebuah kota modern serta dengan konsep transportasi yang tentunya lebih baik dari yang sudah ada, serta membawa pencerahan kita, membawa manfaat bagi mahasiswa ITL Trisakti, harapnya.

Sementara dalam paparannya Ir. Hayu Parasati, MPS, Fungsional Perencana Utama Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas/Bappenas dengan judul Rencana Pemindahan Ibukota Negara menjelaskan, pencapaian ibukota baru yaitu menjadi negara maju tahun 2045, sehingga pembangunan bukan hanya dipusatkan di Jawa, tetapi di seluruh wilayah Indonesia. 


Ibu Kota Negara (IKN) yang dibangun merupakan kota yang bisa menggerakkan ekonomi nasional, yang aman, terhubung aktif dan mudah diakses, serta kawasan hijau rendah emisi, layak huni dan standar internasional.

Karena Kalimantan merupakan paru-paru dunia konsep pembangunan juga tidak boleh merusak lingkungan sehingga pembangunan transportasi publik juga harus rendah emisi karbon. Kita tidak akan membiarkan mobil berseliweran di ibukota, 80% harus menggunakan transportasi umum. Pemerintah juga akan menyiapkan transportasi kota berupa sepeda yang bisa dimanfaskan masyarakat umum.

Untuk pemenuhan energi perkantoran dan gedung-gedung akan menggunakan energi terbarukan, dan untuk menggerakkan perekonomian seluruh tenaga kerja akan diberdayakan, demikian juga dalam penataan infrastruktur di darat, laut maupun udara ini akan membuka peluang kerja bagi generasi bangsa yang memiliki kompetensi di bidang masing-masing, termasuk transportasi dan logistik, karena teknologi yang digunakan adalah teknologi modern.

konsep "Smart" dalam ibukota negara bidang angkutan harus memberikan kenyamanan dengan sistem yang baik biayanya lebih besar akan dibuatkan 5 MRT jalur/koridor yang akan dibangun.

Perjalanan logistik maupun perjalanan orang dibuat berbeda untuk itu kita atur koridor regional, koridor primer, sekunder maupun koridor tersier. kita akan mengatur kepadatan perjalanan lalu lintas dan kita utamakan pejalan kaki serta Pengguna sepeda. Jadi desain transportasinya harus mendukung smart city.

Mulyadi Sinung Harjono Peneliti BPPT dalam sambutannya berharap dalam transportasi di Ibukota negara baru akan memanfaatkan transportasi berbasis baterai, dan diharapkan ITL Trisakti dapat masuk dalam Konsorsium Riset Nasional bersama ITB dan ITS di bidang sistem transportasi dan logistik di Perkotaan, harapnya.

Pembicara kedua Dwi Phalita Upahita PHD (Peneliti BPPT) menegaskan bahwa saat ini perlunya pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan transportasi dengan memanfaatkan big data, sehingga akan mampu memberikan informasi transportasi berkualitas tinggi serta mempermudah pembayaran dan lebih efisien, juga dalam setiap keputusan lebih objektif, harapnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA