Jelang Latihan Puncak TNI AL, Marinir Gelar Apel Kesiapan


Jelang Latihan Puncak TNI AL, Marinir Gelar Apel Kesiapan

Jakarta, 23 Juni 2021, --- Korps Marinir menggelar apel kesiapan Pasukan Pendarat (Pasrat) menjelang latihan puncak TNI AL  Armada Jaya (AJ) XXXIX tahun 2021 di lapangan Apel Brigade Infanteri 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Rabu (23/06). Apel dipimpin langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E. dengan komandan apel Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto.

Wakasal yang didampingi Asintel Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua. S.E., M.M., Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Waasops Kasal, Kadissenlekal, Kadismatal, Kadislaikmatal, para pejabat utama Korps Marinir dan para pejabat utama Pasmar 1 melaksanakan inspeksi terhadap 600-an prajurit dan alutsista Korps Marinir diantaranya BMP 3F, LVT 7, BTR 50, Kapa 61, How 105, RM 70 Grad, Komob, Rubber Boat, Kendaraan Tatra serta puluhan kendaraan pendarat amfibi lainnya digelar dalam apel ini untuk mengetahui kesiapannya dalam mengikuti Latihan AJ.

Selesai inspeksi Wakasal mengatakan kepada para prajurit agar di masa pandemi covid seperti saat ini seluruh prajurit menjaga kesehatan dan menyiapkan diri sehubungan sebentar lagi akan melaksanakan latihan puncak Angkatan Laut. Sementara itu terkait peralatan tempur yang digunakan Marinir sudah tua dan senjata yang sudah cukup umur, Wakasal berpesan untuk mempelajari betul peran-peran darurat, mempelajari SOP-nya serta pengamanan dan penggunaan senjata tersebut. 

Dalam kesempatan itu Wakasal menyampaikan pesan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. agar seluruh prajurit marinir tetap jaga profesionalisme, harus tetap berlatih, harus menjaga kesehatan dan menyiapkan diri kalau sewaktu-waktu digunakan dalam tugas apapun. “Kasal menyampaikan salam kepada kalian, kami bangga dengan kalian, kalian telah menujukkan jati diri kalian sebagai prajurit sejati. Mari kita jaga marwahnya Angkatan Laut, marwahnya Marinir, kita jaga kebesaran bangsa kita NKRI,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasal berkomitmen untuk membesarkan Korps Marinir. “Kami paham bahwa di masa damai seperti ini andalan kita adalah kalian. Kami tau bahwa kalian banyak kerjaan, perbantuan-perbantuan kegiatan program-program pemerintah, baik dalam penegakan protokol Covid, penanggulangan bencana alam kalian sangat digunakan,” kata Wakasal.   

Kepada awak media Wakasal menyampaikan komitmen Kasal bahwa di samping berperan di dalam program pemerintah utamanya akhir-akhir ini tentang penanggulangan Covid, namun sebagai prajurit dan tentara tugas pokoknya adalah menjaga kedaulatan negara dan bangsa. Sebagai Angkatan Laut maka menjaga kedaulatan lewat laut diantaranya dengan melaksanakan operasi amfibi. “Kami tetap selalu menjaga profesionalisme prajurit kami sehingga setiap saat kapanpun digerakkan kami siap mempertahankan kedaulatan NKRI yang kita cintai,” jelasnya.

AJ adalah program latihan TNI AL  yang mensinergikan komponen-komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) meliputi KRI, Pesut, pangkalan dan Korps Marinir. Latihan AJ merupakan puncak latihan yang dilaksanakan secara bertingkat dan berlanjut mulai dari inividu/perorangan, latihan antar peleton-kompi-batalyon, latihan antar kesenjataan dan infanteri. Setelah beberapa waktu yang lalu dilaksanakan latihan E-Galdi Posko karena situasi pandemi covid, direncanakan manuver lapangan AJ akan digelar pada akhir bulan ini di sebelah utara Pontianak di perairan Kalimantan. 

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA